Sukses

Jurus Merdeka Secara Finansial Saat Usia 30-an

Jika ingin benar-benar sukses di usia 30, sadarilah bahwa itu hanya bisa dicapai dengan kerja keras.

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini makin banyak profesional muda yang masih berusia 30-an bahkan 20-an, sudah mampu mewujudkan mimpi menjadi mapan secara finansial. Diantaranya dengan memiliki rumah tinggal, mobil, serta investasi saham.

Kini zaman memang sudah berubah, sebab anak muda umur 20-an makin melek finansial. Mereka fokus merintis kesuksesan, begitu beres mengantongi gelar sarjana, langsung mengejar karir dan mulai punya tabungan.

John Patrick (JP) Ellis, CEO Compare88 Group, grup financial ecommerce terbesar di Asia tenggara, dalam keterangannya, Kamis (13/8/2015), mengatakan, jika ingin benar-benar sukses di usia 30, sadarilah bahwa itu hanya bisa dicapai dengan kerja keras.

Selain bekerja, juga perlu berhemat, melakukan sedikit pengorbanan dalam gaya hidup, dan membuat keputusan finansial yang cerdas.

Ia menilai bahwa salah mengelola uang di awal usia 20-an akan langsung terasa begitu mencapai 30-an. 

Menurut JP, begitu seseorang mulai punya penghasilan, maka godaan untuk membelanjakannya juga semakin besar.

“Contoh yang paling mudah adalah kepemilikan kartu kredit. Jangan asal membuatnya, tanpa memperhatikan dan membandingkan mana yang paling banyak memberi keuntungan saat ini dan masa depan. Hal yang sama juga berlaku untuk produk-produk finansial lainnya seperti KPR, atau investasi saham dan logam mulia”, jelas dia.

Sementara itu, COO CekAja.com Best Donald Syahril berpendapat, untuk memiliki keputusan finansial terbaik di usia 20-an, seseorang wajib lakukan perbandingan untuk mendapatkan produk-produk finansial yang bisa mendatangkan keuntungan di masa depan.

Selain itu, kata Donald, gaya hidup dan jalur karir perlu dipikirkan. Misalnya, kebiasaan apa yang bisa dilakukan untuk berhemat dan tidak bikin bangkrut, serta target karir di industri apa yang perlu digeluti agar penghasilan terus berlipat 5 tahun mendatang. 

Compare88 Group merupakan grup portal perbandingan dan aplikasi produk finansial pertama di Asia Tenggara yang menjalankan layanan penuh menggunakan call center.

Pertama kali membuka layanannya di Indonesia (CekAja.com), kemudian dilanjutkan di Filipina (eCompareMo.com), dan Singapura (Compare88.com). (Nrm/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini