Sukses

Pidato Kenegaraan & RAPBN 2016 Pertama Jokowi Dijaga Ketat

Ada empat unit tank yang dikerahkan sejak semalam (13/8/2015) saat gladi bersih.

Liputan6.com, Jakarta - Pidato Kenegaraan, penyampaian Nota Keuangan serta Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2015 Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendapat penjagaan ketat dari ratusan aparat keamanan. Ini adalah pertama kalinya Jokowi tampil membacakan pidato kenegaraan setelah 10 bulan memimpin Indonesia.

Dari pantauan Liputan6.com, Kompleks MPR/DPR Jakarta, Jumat (14/8/2015), ratusan aparat keamanan yang merupakan gabungan dari Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres), Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI), TNI Angkatan Udara, TNI Angkatan Laut dan TNI Angkatan Darat.

"Jumlahnya sih bisa ratusan personil untuk mengamankan jalannya pidato kenegaraan dan penyampaian Nota Keuangan serta RAPBN 2016. Itu aparat keamanan gabungan ya dari Paspampres, ABRI dan TNI," ucap salah seorang anggota kepolisian yang enggan disebut namanya itu.

Pidato Kenegaraan, penyampaian Nota Keuangan serta Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2015 Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendapat penjagaan ketat (Foto: Fiki Ariyanto/Liputan6.com).

Ditemui di ‎tempat yang sama, Anggota Kapser Paspampres Rudi mengungkapkan, ada empat unit kendaraan tempur berlapis baja atau tank sudah terparkir di kompleks DPR tepatnya di halaman gedung Nusantara 2 DPR. Dua unit helikopter milik TNI AU pun dikerahkan untuk mengawal kelancaran jalannya agenda sakral tersebut.

"Ada empat unit tank yang dikerahkan sejak semalam (13/8/2015) saat gladi bersih. Jumlah Kapser Paspampres yang diterjunkan sebanyak 20 orang dan 300 personil lebih dari Paspampres," terang Rudi.

Dia mengatakan, Presiden Jokowi rencananya dijadwalkan tiba di Gedung DPR pada pukul 09.00 WIB. ‎RAPBN 2016 merupakan rancangan anggaran pertama yang disusun pemerintah Jokowi. (Fik/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Nota Keuangan secara harafiah adalah nota yang menjelaskan rancangan anggaran pendapatan dan belanja negara.

    Nota keuangan