Sukses

Ingin Kerja Lebih Fokus? Lakukan 5 Hal Ini

Buatlah skala prioritas, mana yang lebih penting dan mendesak untuk dikerjakan.

Liputan6.com, Jakarta - Lelah karena pekerjaan di kantor yang menumpuk?. Di sisi lain konsentrasi menurun, padahal perkerjaan belum selesai. Dalam era informasi seperti saat ini, memang menjadi semakin sulit untuk mempertahankan fokus pada tugas-tugas sehari-hari.

Hal ini pun sudah pasti akan menurunkan produktivitas Anda. Berikut 5 tips guna membantu konsentrasi Anda tetap terjaga sepanjang hari melansir laman Payscale, Sabtu (15/8/2015): 

 1. Buat skala prioritas

Ini yang harus kamu lakukan supaya kamu enggak lagi stress karena pekerjaan.

Buatlah skala prioritas, mana yang lebih penting dan mendesak untuk dikerjakan. Lalu selesaikan pekerjaan tersebut hingga selesai.

Jangan takut untuk mendelegasikan tugas-tugas lainnya kepada orang lain, dan jangan biarkan tugas kecil menghambat tujuan Anda.

2. Minimalkan gangguan

Pengusaha adalah kelompok masyarakat yang terbilang unik.

Jika Anda sulit fokus di lingkungan yang bising, gunakanlah penyumbat telinga atau mendengarkan musik yang dapat meningkatkan konsentrasi. Saat bekerja cobalah berganti lokasi untuk merubah suasana dan lihat apakah Anda lebih produktif dalam kondisi tertentu.

3. Istirahatkan otak sejenak

Main game (Via: geektyrant.com)

Otak Anda membutuhkan istirahat, jadi biarkan rehat barang beberapa menit, cobalah untuk berjalan- jalan di seputaran kantor. Bahkan, Profesor K Anders Ericsson di Florida State University melakukan penelitian dan menemukan bahwa "Saat bekerja istirahatkan otak Anda setiap 90 menit sekali, hal itu ternyata menjadi resep untuk memaksimalkan produktivitas."

4. Waktu adalah kunci

Pada 30 Juni 2015, kamu akan alami waktu sehari semalam lebih dari 24 jam.

Banyak orang kewalahan dengan pekerjaan yang begitu banyak, dan mereka menyerah sebelum mencoba, sehingga waktu terbuang, dan hanya melakukan sedikit pekerjaan.

Sebaliknya, cobalah hargai waktu - jangan sia-siakan, tidak satu menitpun. Pola pikir ini akan akan membuat Anda berpikir, memprioritaskan, dan melaksanakan tugas-tugas dengan cara yang lebih efisien.

5. Hargai diri 

Yuk, buat es krim raspberry di rumah!
Sebuah hadiah dapat menjadi motivasi dalam menyelesaikan sesuatu. Hadiah dapat berupa barang mewah atau sederhana sesuai keinginan hati Anda. Pastikan hadiah itu cukup membuat Anda termotivasi.(Ilh/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.