Sukses

Pensiunan PNS Dapat THR Tapi Tak Penuh

Lantaran uang negara terbatas jadi pertimbangan pemerintah tidak berikan THR penuh kepada pensiunan PNS.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengatakan pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) pada tahun depan juga akan diterima para pensiunan PNS. Namun THR yang diperoleh tidak akan penuh satu bulan gaji pokok (gapok).

"Mudah-mudahan pensiunan PNS dapat THR, tapi tidak penuh," tegas Direktur Jenderal Anggaran Kemenkeu Askolani usai Konferensi Pers Nota Keuangan dan RAPBN 2016 di kantor BKPM, Jakarta, Jumat (14/8/2015).

Alasannya tidak penuh, kata Askolani karena keterbatasan uang negara. Sebab pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) menyusun RAPBN tahun depan berfokus pada daerah dan untuk kepentingan masyarakat kurang mampu.

"Tidak full THR karena kemampuan fiskal terbatas. Selama ini kalau pensiun naik gaji pokok juga tidak setinggi PNS. Tapi sudah lumayan lah buat membantu pensiunan PNS," kata dia.

Anggaran belanja negara dalam RAPBN 2016 dialokasikan sebesar Rp 2.121,3 triliun yang terdiri dari belanja Pemerintah Pusat sebesar Rp 1.339,1 triliun, yang mencakup belanja Kementerian atau Lembaga sebesar Rp 780,4 triliun dan belanja Non-Kementerian atau Lembaga sebesar Rp 558,7 triliun, serta alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa sebesar Rp 782,2 triliun.

Anggaran transfer ke daerah dan dana desa ini juga sebagai penjabaran dari Nawacita dengan membangun Indonesia dari pinggiran, daerah dan desa sehingga pemerintah melakukan perubahan terkait alokasi anggaran daerah. (Fik/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.