Sukses

2 BUMN Energi Kompak Beri Bantuan ke Veteran Saat HUT RI

Pertamina melakukan bedah rumah veteran, sedangkan PGN memberikan bantuan Rp 2,2 miliar kepada veteran dan SMK di DKI Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) memperbaiki rumah (bedah rumah) pejuang veteran sebagai rangkaian dari kegiatan Peringatan HUT RI ke-70 di Pekanbaru, Riau.

Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto mengatakan, bantuan bedah rumah tersebut diberikan kepada 39 pejuang veteran yang tinggal di wilayah Pekanbaru, Rokan hilir, Rokan Hulu, Bengkalis, Indragiri Hilir dan Dumai.

"Kegiatan ini merupakan bagian dari program BUMN Hadir Untuk Negeri yang diselenggarakan di 34 provinsi di seluruh Inddonesia," kata Dwi, di Jakarta, Senin (17/8/2015).

Menurut Dwi, bedah rumah bertujuan untuk memperbaiki rumah tinggal para veteran pejuang kemerdekaan agar layak huni dan nyaman. "Tanggung jawab sosial kami ditujukan kepada para pejuang veteran yang begitu besar jasanya bagi kemerdekaan bangsa, khususnya yang tinggal di sekitar daerah operasi kami,"jelas Dwi Soetjipto.

Bantuan perbaikan rumah tersebut senilai Rp 50 juta rupiah untuk setiap rumah, untuk melaksanakan program tersebut Pertamina bekerjasama dengan Korem setempat.

Pada kesempatan yang sama, Pertamina juga menyerahkan bantuan peralatan penunjang laboratorium bagi 17 SMK, diantaranya dari Dumai, Bengkalis, Indragiri Hilir, Kampar, Kepulauan Meranti, Kuantan Singingi, Pelalawan, Rokan hilir dan Siak.

Adapun bantuan prasarana laboratlrium SMK akan menyesuaikan dengan kebutuhan alat praktek, dengan nilai masing-masing Rp50 juta per SMK yang ditunjuk bekerjasama dengan Dinas Pendidikan setempat. 

Di Sumatera Selatan, Pertamina juga memberikan apresiasi kepada para veteran pejuang yang tergabung dalam LVRI Markas Daerah Sumatera Selatan. Hal itu sebagai bentuk apresiasi, dan rasa terima kasih kepada para pejuang kemerdekaan mau pun pejuang keutuhan NKRI pada HUT ke 70 RI.

GM Pertamina MORT II Herman M.Zaini memberikan bantuan secara simbolis kepada 10 orang veteran dipimpin ketua LVRI Markas Daerah Sumatera Selatan Marsma Purn. Ir. Robert Siagian didampingi Kepala Badan Pembinaan Administrasi dan Cadangan Kodam II Sriwijaya Kolonel Inf. Dwi Sunyoto.

"Kegiatan Pertamina peduli veteran pejuang kemerdekaan ini merupakan bentuk apresiasi, rasa syukur dan ucapan terima kasih segenap insan Pertamina Pemasaran kepada para pejuang kemerdekaan mau pun pejuang keutuhan NKRI. Ini menunjukkan Pertamina Pemasaran peduli kepada para pejuang," ujar Herman.

Adapun kegiatan Pertamina Peduli Veteran Pejuang Kemerdekaan ini dilaksanakan di seluruh unit marketing operation region (MOR) seluruh Indonesia dengan total bantuannya kepada 260 veteran. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bantuan PGN

Bantuan PGN

PT Perusahaan Gas Negara Tbk (Persero) Tbk/PGN menyerahkan bantuan senilai Rp 2,2 miliar kepada veteran dan sekolah menengah kejuruan (SMK) di DKI Jakarta. Bantuan itu diberikan PGN dalam bentuk pengerjaan bedah rumah milik 45 anggota veteran Indonesia dan penambahan fasilitas laboratorium di 17 SMK di Jakarta,

Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian program "BUMN Hadir untuk Negeri" dalam rangka memperingati HUT ke-70 RI. Direktur Utama PGN, Hendi Prio Santoso menuturkan PGN berkomitmen untuk selalu menjadi bagian dari solusi masyarakat.

Karena itu, dalam peringatan kemerdekaan RI ke-70, PGN menjalankan serangkaian kegiatan yang ditujukan untuk memberikan manfaat bagi masyarakat di berbagai wilayah DKI Jakarta.

"Bantuan bedah rumah untuk veteran merupakan apresiasi PGN berharap terhadap perjuangan dan totalitas pada pejuang dalam memperjuangkan Kemerdekaan Indonesia. Kami bangga dapat berkontribusi untuk para pejuang bangsa yang sering terlupakan ini," ujar Hendi usai pelaksanaan upacara Kemerdekaan di Kementerian BUMN, Senin (17/8/2015).

Program bedah rumah veteran akan dilakukan dalam dua bulan. Hendi menambahkan, PGN juga memberikan bantuan peningkatan fasilitas dan sarana sekolah dalam peringatan kemerdekaan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (Corporate Social Responsibility/CSR). Sebagai BUMN, PGN memiliki tanggung jawab aktif dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia agar selalu unggul.

"Melalui peningkatan fasilitas laboratorium kami berharap kualitas lulusan SMK akan terus meningkat, sehingga nantinya akan makin kompetitif di dunia kerja," ujar Hendi.

Bantuan fasilitas laboratorium nanti akan diberikan kepada 17 SMK di Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, dan Jakarta Timur. Bantuan pendidikan itu senilai Rp 425 juta. (Pew/Ahm)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • PGN merupakan Perusahaan Gas Negara yang bergerak di bidang transmisi dan distribusi gas bumi.

    PGN

  • Pertamina merupakan salah satu perusahaan BUMN yang bertugas mengelola pertambangan minyak dan gas bumi di Indonesia.

    Pertamina

  • HUT Ke-70 RI

Video Terkini