Sukses

Berapa Produksi Minyak Pertamina Saat RI Rayakan HUT ke-70?

Di HUT ke-70 RI, Pertamina sudah akuisisi lapangan migas di luar negeri.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia memiliki PT Pertamina (Persero) sebagai perusahaan yang bertugas memproduksi minyak dan gas bumi (migas). Saat usia Indonesia genap 70 tahun, berapa produksi migas yang dihasilkan Pertamina?

Vice President Corporat Communication Wianda Pusponegoro Wianda Pusponegoro mengatakan, saat ini produksi minyak Pertamina yang berasal dari perut bumi Indonesia mencapai 287 ribu barel per hari (bph), sedangkan gas sekitar 1,3 juta kaki kubik.

"Dari kuartal III dan kuartal IV 2014, lalu kuartal I dan kuartal II 2015, produksi Pertamina terus meningkat 7 persen," kata Wianda, Senin (17/8/2015).

Wianda menambahkan, untuk produksi minyak yang dihasilkan Pertamina di sumur migas luar negeri mencapai 75 ribu bph. Besaran produksi tersebut berkontribusi 30 persen dari total produksi Pertamina yang disetorkan ke Indonesia.

"Walau stabil kita liat potensi sumur kita di luar negeri, mulai dari Alzeria, Malaysia dan Iran. Total kontribusi dari luar sekitar 30 persen dari total produksi," tuturnya.

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Dwi Sotjipto mengungkapkan, saat ini kontribusi Pertamina dalam menyumbang produksi minyak Indonesia hanya 22 persen.

Dwi berharap peran Pertamina dapat meningkat menjadi 40 persen pada 2019, dengan ditugaskannya Pertamina dalam mengelola blok migas baru atau yang sudah habis masa kontraknya.

"Sebagai National Oil Company ini rendah. Pada 2019, kita harapkan di atas 40 persen. Dengan pengembangan sumur baru dan sumur lama, kami siap ambil alih kontrak yang sudah berakhir," pungkasnya. (Pew/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini