Sukses

Top 5 Bisnis: Warga Perbatasan Kaget Ada Sembako Murah dari RI

Perum Perhutani dan PT Pos Indonesia menjual sembako murah di perbatasan Indonesia dengan Malaysia.

Liputan6.com, Jakarta - Perum Perhutani dan PT Pos Indonesia menyelenggarakan penjualan sembako murah di perbatasan Indonesia dengan Malaysia tepatnya di Pulau Sebatik, Nunukan Kalimantan Utara, dalam program "BUMN Hadir Untuk Negeri” untuk memperingati 70 Tahun Indonesia Merdeka.

Dalam program tersebut, 2.100 paket sembako dijual dengan potongan harga 70 persen dari seharusnya. Warga hanya cukup membayar Rp 35 ribu untuk paket berisi beras, gula dan garam yang semuanya adalah produksi dalam negeri.

Direktur Utama Perhutani, Mustoha Iskandar datang langsung dan menyerahkan paket sembako kepada warga di desa Sungai Nyamuk jecamatan Sebatik Timur setelah usai Upacara HUT Ri ke 70 tahun yang dipimpin langsung oleh Bupati Nunukan H Basri di lapangan Sungai nyamuk.

Sementara itu pada waktu yang sama Plt Direktur Utama PT Pos Indonesia, Purnomo menyerahkan paket sembako murah kepada warga di balai desa Tanjung Aru, Kecamatan Sebatik Timur.

"Sebagian warga tidak percaya ada penjualan sembako murah diskon 70 persen, sampai seorang ibu rela antri panjang mengular di depan balai desa Sungai Nyamuk," kata Mustoha.

Informasi mengenai penjualan sembako murah menjadi artikel paling diburu pembaca. Berikut lima artikel paling populer di kanal bisnis Liputan6.com edisi 18 Agustus 2015:

1. Warga Pulau Ini Tak Percaya Ada Produk Sembako Murah dari RI

Paket sembako murah didistribusikan Perum Perhutani dan PT Pos Indonesia di empat kecamatan yaitu Sebatik Timur, Sebatik Utara, Sebatik Tengah, Sebatik Barat. selain itu juga ada paket sembako murah khusus bagi warga desa yang kurang mampu.

Roswati warga desa tanjung Aru salah satu penerima paket sembako murah mengaku senang ada sembako diskon ini.

Menurut Kepala Desa Tanjung Aru, Palani, hampir 90 persen sembako yang beredar di Pulau Sebatik berasal dari negara tetangga karena mudah memperoleh juga murah dibanding produk dari indonesia sendiri.

"Kami bukan tidak cinta produk dalam negeri tapi memang produk sembako dari dalam negeri jarang beredar di sini" ujarnya.

 

2. THR PNS Hanya Berlaku untuk Tahun Depan

Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memastikan pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) kepada seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) hanya berlaku pada 2016. Namun kebijakan ini tidak menutup kemungkinan untuk diterapkan pada tahun-tahun mendatang.

Direktur Jenderal Anggaran Kemenkeu, Askolani mengatakan, pemerintah menetapkan kebijakan THR sebesar satu bulan gaji pokok (gapok) hanya pada tahun depan. "‎THR kebijakan di 2016 saja, tapi nanti kita lihat kedepannya bagaimana," ujar dia saat berbincang di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (18/8/2015).

3. Rizal Ramli Tantang Wapres JK Debat Soal Proyek 35 Ribu MW

Sejak diangkat menjadi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, sosok Rizal Ramli menjadi sorotan publik. Hal ini terkait pernyataan-pernyataanya yang kontroversial.

Selain mengkritisi aksi bisnis Garuda Indonesia membeli pesawat wide body Airbus 380 dinilai tidak cocok dan berpotensi merugikan perseroan, Rizal juga mengkritisi program pembangunan pembangkit listrik 35 ribu megawatt (MW) yang‎ dicanangkan Presiden Jokowi.

Wakil Presiden Jusuf Kalla pun menanggapi omongan menteri barunya tersebut dengan santai. JK meminta Rizal untuk terlebih dahulu memahami mengenai proyek tersebut sebelum menyampaikan pernyataan ke umum.

Membalas pernyataan Wapres JK tersebut, Rizal malah meminta JK untuk menemuinya dan berdebat di depan umum mengenai program pembangkit listrik 35 ribu MW itu.

"Kalau mau paham, minta Pak Jusuf Kalla ketemu saya, kita diskusi di depan umum‎," tantang Rizal di Istana Kepresiedenan, Jakarta, Selasa (18/8/2015).

4. Tanda Pasangan Sembunyikan Uang dari Anda

Sebuah survei di Amerika Serikat menunjukkan satu dari lima pasangan melakukan perselingkuhan keuangan. Hal ini terlihat sederhana, tapi bisa membawa hubungan yang renggang antara Anda dan pasangan.

Mungkin Anda tidak menyadari telah melakukan hal ini. Tapi pernahkan Anda tidak mengatakan ke pasangan kalau siang tadi baru saja pijat di salon atau makan enak di restoran mahal?

Anda sudah pasti tidak berencana untuk menipu pasangan. Hal ini biasa terjadi. Bukan berarti pula Anda menggadaikan rumah bersama, lalu berutang besar-besaran. Tapi kejadian ini bisa saja terjadi berulang-ulang dan berakibat buruk untuk hubungan Anda dengan pasangan.

5. Alasan Pegawai Pos Korban Trigana Air Bawa Dana Tunai Rp 6 Miliar

Manajemen PT Pos Indonesia (Persero) mengaku prihatin dengan hilangnya pesawat Trigana Air yang mengangkut sejumlah penumpang, termasuk empat orang karyawan Pos yang sedang melakukan perjalanan dinas ke Kabupaten Pegunungan Bintang Provinsi Papua.

PT Pos telah memberitahukan kepada keluarga masing-masing kalau anggota keluarganya berada di dalam pesawat tersebut. Mereka ditugaskan untuk menyalurkan dana Program Simpanan Keluarga Sejahtera (PSKS) untuk masyarakat penerima di Kabupaten Pegunungan Bintang pada 17 Agustus 2015 setelah upacara peringatan kemerdekaan.

"Dana PSKS sebesar Rp 6,5 miliar itu adalah bantuan dari Kementerian Sosial untuk masyarakat kurang mampu yang penyalurannya melalui PT Pos. Untuk penyaluran di Kabupaten Pegunungan Bintang kami harus membawanya dalam bentuk tunai mengingat masih terbatasnya akses ke bank," kata Amrizal. (Ndw/Gdn)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.