Sukses

Usai Meroket, Harga Cabai Rawit Berangsur Turun

Harga cabai rawit merah sempat menembus harga Rp 90 ribu per kg.

Liputan6.com, Jakarta - Harga cabai yang terus meroket akhir-akhir ini menjadi keluhan beberapa pedagang dan pembeli di beberapa pasar tradisional. Bagaimana tidak? Harga cabai rawit merah sempat menembus harga Rp 90 ribu per kilogram (kg).

Namun dari hasil pantauan Liputan6.com di pasar tradisional wilayah Tegal Parang, Mampang, Jakarta Selatan, harga cabai mulai berangsur turun. Setelah pada pekan lalu, harga cabai rawit merah dibandrol Rp 70 ribu per kilogramnya, namun kini hanya Rp 60 ribu per kilogramnya‎.

Suratmi (55), salah satu pedagang cabai mengaku mulai menurunnya harga cabai ini seiring dengan mulai bertambahnya pasokan dari Pasar Induk Kramat Jati. "Sudah dua hari ini turun, ya Alhamdulillah, semoga bisa terus turun," kata dia saat berbincang dengan Liputan6.com, Rabu (19/8/2015).

Hal serupa juga diungkapkan pedagang cabai lainnya, Ratmi (48). Sedikit berwawasan luas, Ratmi justru meminta perubahan menteri yang dilakukan Presiden Jokowi beberapa hari lalu harus berdampak positif bagi harga-harga pangan.

Terutama Menteri Perdagangan, dia berharap Thomas Lembong mampu bekerja lebih baik dari sebelumnya, terutama dalam menyeimbangkan harga-harag di pasar.

"Ya harusnya menteri menteri baru itu bisa‎ lebih mensejahterakan kita-kita ini pedagang kecil, jangan sedikiti-sedikit harga naik, lalu turun lagi, mending kalau turun, kalau tidak turun-turun seperti harga daging itu, kan kita repot juga," curhatnya.

Tak hanya cabai rawit merah, harga cabai merah kriting juga mengalami penurunan dari yang sebelumnya Rp 55 ribu per kg kini hanya dijual seharga Rp 50 ribu per kg.

Berikut hasil pantauan pasar beberapa harga sayuran di pasar:

- Cabai rawit merah Rp 65 ribu per kg
- Cabai merah keriting Rp 50 ribu per kg
- Daging sapi Rp 98 ribu per kg
- Daging Ayam Rp 45 ribu per kg
- Tomat Rp 10 ribu per kg
- Bawang merah Rp 25 ribu per kg
- Bawang putih Rp 22 ribu per kg
- Kentang Rp 13 ribu per kg
- Wortel Rp 10 ribu per kg
- Sawi hijau Rp 8.000 per kg
- Sawi putih Rp 8.000 per kg
- Daun bawang Rp 10 ribu per kg
- Seledri Rp 18 ribu per kg

(Yas/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.