Sukses

Lonjakan Harga Emas Tak Pengaruhi Minat Beli Masyarakat

Harga emas untuk perhiasan berkisar di angka Rp 420 ribu per kg dengan kadar emas 75 persen.

Liputan6.com, Jakarta - Kenaikan harga emas di pasaran internasional turut berdampak pada lonjakan harga emas di toko emas. Namun lonjakan harga tersebut tidak memberikan dampak terlalu signifikan kepada bisnis jual beli emas.

Salah satu pedagang emas di kawasan Cikini Gold Center, Jakarta Pusat, Suki mengatakan, kenaikan harga emas tidak memberikan pengaruh pada penurunan daya beli masyarakat.

"Kalau terjadi penurunan sih tidak. Tak banyak yang jual, tapi yang beli juga tidak ramai. Masih normal saja," ujarnya di saat berbincang dengan Liputan6.com, Seperti ditulis pada Selasa (25/8/2015).

Menurut dia, untuk produk yang biasa dijadikan media investasi seperti emas, lonjakan kenaikan harga tidak serta merta menurunkan minat masyarakat untuk membeli emas. Bahkan kenaikan harga ini bisa saja menjadi pendorong masyarakat untuk membeli emas.

"Orang melihat harga cenderung akan naik terus. Nah mereka biasanya beli. Walaupun setelah itu turun ya mereka tidak rugi juga. Emas ini kan selain jadi perhiasan juga untuk investasi," kata dia.

Suki menjelaskan, saat ini harga emas untuk perhiasan juga mengalami kenaikan, mengikuti harga emas murni. Harga emas perhiasan saat ini berkisar Rp 420 ribu per kg dengan kadar emas 75 persen.

"Sekarang harganya sekitar segitu, karena juga mengikuti harga emas murni. Itu belum termasuk ongkos pembuatan, seperti gelang, cincin, kalung," kata dia.

Dia mengungkapkan, produk perhiasan yang masih menjadi favorit dan yang banyak dicari masyarakat yaitu cincin kawin. Menurutnya, hampor setiap hari ada pembeli yang mencari cincin untuk keperluan pernikahan ini.

"Kalau cincin kawin tidak musiman, setiap hari ada yang beli. Karena memang jadi barang yang dibutuhkan untuk pernikahan. Kan kalau perhiasan lain orang mungkin masih mempertimbangkan harga dan kebutuhannya," tandas dia. (Dny/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Laman ini berisi mengenai informasi seputar harga emas terbaru. Harga emas ini terus diperbarui setiap harinya.

    Harga Emas

Video Terkini