Sukses

IHSG Jatuh, Dua Emiten akan Buyback

PT Mitra Pinastika Mustika Tbk dan PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk akan melakukan pembelian kembali saham.

Liputan6.com, Jakarta - Kinerja Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) masih tertekan hingga turun 20,34 persen secara year to date (Ytd) ke level 4.163 pada penutupan perdagangan saham Senin 24 Agustus 2015.

Melihat kondisi itu, OJK pun mengeluarkan aturan pembelian kembali saham/buyback dalam kondisi pasar yang berfluktuasi yang tercatat dalam Surat Edaran OJK Nomor 22/SEOJK.04/2015. Hal itu dimanfaatkan oleh sejumlah emiten untuk melaksanakan pembelian kembali saham melalui Bursa Efek Indonesia (BEI).

Salah satunya PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX). Perseroan akan melakukan buyback saham mulai 24 Agustus 2015-23 November 2015. Perseroan menyediakan dana sebanyak-banyaknya sebesar Rp 50 miliar untuk buyback dengan harga maksimum Rp 1.000.

"Jumlah nilai nominal saham yang akan dibeli perseroan akan tergantung pada harga saham di pasar bursa," ujar Direktur Utama PT Mitra Pinastika Mustika Tbk, Troy Purwata dalam keterbukaan informasi ke Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin (24/8/2015).

Dia menuturkan, perseroan akan menghentikan pembelian kembali saham bila harga saham telah mencapai lebih dari Rp 1.000. Perseroan memperkirakan tidak ada dampak menurunnya pendapatan akibat dari pelaksanaan pembelian kembali saham. Sedangkan dampak pembelian kembali saham atas biaya pembiayaan perseroan akan sangat kecil sekali.

"Pembelian kembali saham perseroan akan dilakukan melalui BEI sehingga transaksi pembelian saham perseroan akan dilakukan melalui salah satu anggota bursa efek," kata Troy.

Pada penutupan perdagangan saham Senin pekan ini, saham PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk turun 9,33 persen ke level Rp 476 per saham. Nilai transaksi harian Rp 556,8 juta dengan total frekuensi 712 kali.

Langkah buyback juga diikuti PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk (RALS). Perseroan akan buyback saham mulai 25 Agustus-24 November 2015. Dana yang disiapkan untuk buyback sekitar Rp 400 miliar. Harga saham yang akan dibeli oleh perseroan sesuai dengan peraturan berlaku.

"Kami akan buyback saham melalui BEI sehingga transaksi pembelian saham perseroan akan dilakukan melalui anggota bursa efek yaitu PT Maybank Kim Eng Securities," kata Direktur PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk Suryanto. (Ahm/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini