Sukses

DPR Tantang Menkeu Bentuk Pusat Krisis Seperti Era SBY

Ketua Komisi XI DPR, Fadel Muhammad menilai pusat krisis sangat penting untuk mengatasi guncangan ekonomi.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Komisi XI DPR, Fadel Muhammad mendesak pemerintah membuat pusat krisis (crisis center) sehingga peran masing-masing anggota Forum Koordinasi Stabilitas Sistem Keuangan (FKSSK) jelas. Langkah ini bertujuan sebagai benteng Indonesia dari badai krisis.

"Kita mulai terganggu dengan perkembangan ekonomi sekarang ini. Kita belum melihat langkah-langkah untuk mengantisipasi kondisi tersebut," ujar dia saat Raker di Gedung DPR, Selasa (25/8/2015).

Fadel meminta, Menteri Keuangan (Menkeu), Kepala Bappenas dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian harus menunjukkan langkah tersebut untuk dibahas dalam pertemuan dengan DPR dalam waktu dekat.

"Salah satunya harus membuat pusat krisis, seperti di zaman Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), dibuat matriks, siapa bikin apa karena ini hal yang penting sekali. Lalu dijelaskan ke masyarakat," papar Fadel.

Pada era pemerintahan SBY, sambung Fadel, upaya pembuatan pusat krisis ini sangat efektif mengatasi kondisi guncangan ekonomi.

"Tapi OJK dan BI masih menunggu pemerintah untuk menyampaikan strategi tersebut. Jadi pusat krisis sangat penting untuk menghadapi keadaan yang sangat gawat," tutur Fadel.

Seperti diketahui, pasar modal dan keuangan Indonesia alami guncangan di awal pekan. Hal itu seiring sentimen negatif dari China mendevaluasi atau melemahkan mata uang Yuan. Langkah China tersebut menambah kekhawatiran terhadap ekonomi China melambat. Ditambah memicu spekulasi kalau bank sentral Amerika Serikat (AS) akan menunda kenaikan suku bunga pada September 2015.

Nilai tukar rupiah pun akhirnya menembus level 14.000 per dolar AS. IHSG anjlok 3,97 persen ke level 4.163,73 pada perdagangan saham Senin 24 Agustus 2015. (Fik/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini