Sukses

3 Tips Ampuh Biar Efektif Saat Bekerja di Rumah

Kesempatan untuk berkerja di rumah kini kian menjadi kenyataan.

Liputan6.com, Jakarta - Kesempatan untuk berkerja di rumah kini kian menjadi kenyataan. Meskipun demikian banyak orang yang sulit mempertahankan produktivitasnya dan sebagian lainnya cendrung mengalami depresi karena terisolasi.

Kedua hal tersebut berdampak buruk bagi kehidupan pribadi dan karir profesional Anda. Berikut ini adalah 3 tips agar Anda yang bekerja di rumah bisa bekerja maksimal seperti dikutip dari payscale, Sabtu (29/8/2105):

1. Tetap memakai pakaian kantor

Kemeja (pixabay,com)

Mungkin akan terasa menyenangkan jika bekerja seharian menggunakan piyama. Namun penelitian yang dipublikasikan Journal of Experimental Psychology menujukan bahwa penggunaan jas laboratorium meningkatkan kemampuan konsentrasi. Orang lebih produktif dan memiliki harga diri yang tinggi ketika mereka memakai pakaian profesional.

Anda mungkin akan merasa lebih baik dan siap bekerja jika mandi, dan berpakaian dengan rapi di pagi hari. Piyama memang cocok untuk istirahat, jadi tak kondusif jika digunakan untuk menjalani pekerjaan yang produktif.

2. Memiliki kantor terpisah

10 Desain Ruang Kerja di Rumah yang Bikin Kamu Fokus Bekerja | via: dwell.com
Supaya lebih produktif saat bekerja di rumah, akan lebih baik jika anda memiliki ruang kerja tersendiri. Saat Anda sedang berada di ruang kerja, maka Anda Bekerja. Jika Anda sendang berada di ruang lain maka Anda melakukan Aktivitas lain.

Jika Anda memliki Anak, maka mereka harus memahami ketika Anda sedang bekerja, sehingga mereka tidak mengganggu Anda.

3. Buat jadwal

 Jadwal (pixabay.com)

Jika perkerjaan Anda fleksibel, Anda dapat mengatur jadwal Anda sendiri. Misalnya, jika Anda adalah orang tua yang memiliki anak-anak usia sekolah, Anda mungkin dapat mengatur jam kerja Anda kekita anak-anak berada di sekolah.

Bagaimanapun, lakukan yang terbaik untuk mentaati jadwal kerja Anda. Anda akan merasakan produktivitas yang tinggi saat Anda mengatur Jadwal kerja Anda sendiri. (Ilh/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.