Sukses

Harga BBM Bakal Tetap Hingga Oktober

Menteri ESDM, Sudirman Said mempertimbangkan perubahan harga BBM dilakukan setiap enam bulan sekali.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said menyatakan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) tidak akan berubah sampai Oktober 2015.

Sudirman mengatakan, penahanan perubahan harga BBM sampai Oktober dilakukan untuk melihat hasil penerapan pencabutan subsidi untuk Premiun dan subsidi tetap Rp 1.000 per liter untuk solar.

"Saya akan melihat setahun setelah kebijakan pergeseran harga itu dilakukan, itu satu pola yang lebih permanen. Setahun itu Oktober," kata Sudirman, di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (26/8/2015).

Sudirman menambahkan, pemerintah juga akan akan memutuskan waktu perubahan harga BBM, sehingga perubahan harga BBM terjadwal.

"Ya (perubahan Oktober) supaya ada kepastian. Jangan terus berspekulasi. Yang penting adalah tercatat terbuka dan bisa diaudit," tutur Sudirman.

Sudirman mengaku, saat ini ada dua pilihan perubahan harga antara setiap tiga bulan dan enam bulan sekali, namun ia lebih memilih perubahan harga dilakukan setiap enam bulan.

"Pada Oktober bisa ditentukan tiga bulan atau enam bulan. Tapi kecenderungannya enam bulan sekali," kata Sudirman. (Pew/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.