Sukses

Benahi Bandara Soetta, Angkasa Pura II Ajukan PMN Rp 2 Triliun

PT Angkasa Pura II mengajukaan penyertaan modal negara (PMN) sebesar Rp 2 triliun untuk membenahi Bandara Soekarno Hatta, Tangerang.

Liputan6.com, Jakarta - PT Angkasa Pura II mengajukan penyertaan modal negara (PMN) sebesar Rp 2 triliun untuk membenahi Bandara Soekarno Hatta, Tangerang.

Deputi Sarana dan Prasarana Perhubungan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Pontas Tambunan mengatakan, saat ini kapasitas Bandara Soekarno Hatta sudah kelebihan kapasitas, untuk pergerakan pesawat per jamnya sudah mencapai 77 pergerakan, sementara kapasitasnya 72 pergerakan.

"Kita sendiri merasakan mau mendarat mutar-mutar dulu karena kapasitas melebihi," kata Tumbunan di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (27/8/2015).

Untuk membenahi Bandara Soekarno Hatta, Angkasa Pura II memiliki keterbatasan keuangan karena itu mengajukan PMN sebesar Rp 2 triliun untuk 2016.  Menteri BUMN Rini Soemarno pada 20 Agustus 2015 telah melayangkan pengajuan PMN tersebut.

"Angkasa Pura II memiliki keterbatasan ekuitas dan perbankan karena itu kita mau pimpinan dapat menyetujui permohonan kami," tuturnya.

Direkur Utama Angkasa Pura II Budi Karya Sumadi mengungkapkan, proyek yang didanai oleh PMN tersebut adalah pembangunan landas pacu (run way) 3 dan terminal 3.

"Kapasitas terminal 20 juta penumpang tapi yang hadir mencapai 62 juta gap ini pembangunan terminal 3, revitalisasi terminal 1 dan 2 sehingga 62 juta itu terpenuhi," pungkasnya. (Pew/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • PT Angkasa Pura II atau AP II adalah badan usaha milik negara yang bergerak di bidang pengelolaan dan pengusahaan bandar udara di Indonesia.

    Angkasa Pura II

Video Terkini