Sukses

Alasan Foxconn Batal Bangun Pabrik Perakitan iPhone di RI

Foxconn adalah perusahaan perakit komponen elektronik terbesar di dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan perakit komponen elektronik terbesar di dunia, Foxconn telah memutuskan membangun pabrik di India. Padahal sebelumnya, perusahaan asal Taiwan itu berencana membangun  pabrik perakitan iPhone dan Ipad  di Indonesia.

Menteri Perindustrian, Saleh Husin mengaku ada satu hal yang diminta oleh Foxconn terkait pembangunan pabrik di Indonesia yang tidak bisa dipenuhi oleh pemerintah.

"‎Itukan ketika yang periode lama yang kami sampaikan kenapa mereka tidak jadi ke sini (Indonesia), salah satu permintaannya tidak mungkin kita penuhi, itu terkait lahannya," kata Saleh di Gedung Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (27/8/2015).

Dijelaskan Saleh, Foxcon meminta kepada pemerintah Indonesia untuk menyediakan lahan secara gratis minimal 100 hektare (ha). Permintaan tersebut secara tegas langsung ditolak mentah-mentah oleh pemerintah, apalagi Foxconn meminta lahan tersebut di Pulau Jawa.

"Jadi ya tidak mungkin, jumlah itu terlalu besar. Kalau di Sulawesi, Kalimantan atau Papua, itu mungkin, tapi kalau di Jawa ya tidak mungkin lah," tegas dia.

Seperti diketahui, untuk mewujudkan rencana pembangunan pabrik di India, pihaknya telah bekerjasama dengan Pemerintah India bagian Maharashtra, India. Tak tanggung-tanggung, investasi yang akan digelontorkan Foxconn untuk membangun pabriknya mencapai US$ 5 miliar atau lebih dari Rp 67 triliun.

Pemerintah India menyediakan area seluas 1.500 ha untuk pembangunan pabrik Foxconn tersebut. Tak hanya pabrik, di lokasi tersebut Foxconn juga berencana membangun fasilitas riset dan pengembangan.

Foxconn menargetkan pembangunan pabriknya itu bisa rampung hingga 5 tahun ke depan. Proyek itu diharapkan bisa sampai menyerap 50 ribu pekerja.‎ (Yas/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini