Sukses

43 Wilayah Terluar Indonesia Kini Sudah Teraliri Listrik

Program kelistrikan di 50 wilayah terluar Indonesia hampir rampung seluruhnya.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan program kelistrikan di 50 wilayah terluar Indonesia hampir rampung seluruhnya. Dari 50 wilayah, 43 diantaranya sudah dialiri listrik.

Hal itu disampaikan oleh Menteri ESDM Sudirman Said saat menyambangi Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

"Saya tadi melaporkan perkembangan proyek 35 ribu megawatt (MW), meng-update termasuk persiapan peresmian 50 titik terdepan yang pada tahun ini akan mulai dilistriki. Ada 50 titik di perbatasan yang kita kerjakan, 43 diantaranya sudah nyala, di pulau-pulau terdepan. Saumlaki, Miangas, Sabang, Merauke," kata dia di Jakarta, Kamis (27/8/2015).

Dia mengatakan program kelistrikan sendiri sesuai Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk pemerataan di seluruh Indonesia.

"Kan itu sesuai dengan prinsip membangun dari pinggiran. Dan 35 ribu MW arahan presiden adalah tetap disiapkan segala sesuatunya. Jelas  sekali itu adalah target itu adalah kebutuhan. Jadi yang mesti dicari cara adalah bagaimana mencapai target itu," jelasnya.

 Dia menuturkan sisa wilayah yang belum teraliri listrik terkendala karena kekeringan. Namun, masalah tersebut bakal diselesaikan pada tahun ini.

"Kebanyakan karena sungainya mengering, sehingga mesinnya sudah datang tidak bisa diangkut ke titik pemasangan," tandas dia. (Amd/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini