Sukses

Harga Pertalite Bakal Turun Seperti Pertamax Cs?

Pertamina berjanji akan menurunkan harga Pertamax Cs pada awal September.

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) akan menurunkan harga Pertamax Cs pada awal September karena kondisi harga minyak dunia yang sempat berada di bawah level US$ 40 per barel.

Lalu bagaimana dengan harga bahan bakar minyak (BBM) varian baru Pertalite?

Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina Ahmad Bambang mengatakan, Pertamina akan menurunkan harga Pertalite jika harga Premium mengalami penurunan.

"Untuk harga Pertalite September-Oktober itu tergantung Premium. Jika harga Premium turun, Pertalite juga akan turun," kata Bambang, di Jakarta, Jumat (28/8/2015).

Menurut Bambang, atas penurunan harga minyak dunia yang terjadi belakangan ini,  Pertamina sudah mendapat untung dalam menjual Pertalite. Padahal, saat awal Pertalite disalurkan Pertamina mengaku tak mendapat keuntungan.

" Waktu launching harga Rp 8.400 per liter, Pertamina rugi sekarang sudah untung," ungkap Bambang.

Bambang mengungkapkan, penjualan Pertalite sejak diluncurkan mencapai 13.984 kiloliter (kl) total dengan rata-rata per hari di atas 4 kl. Kehadiran Pertalite telah merebut 12 persen pasar Premium.

"Porsi Premium dari penjualan BBM Pertamina 84 persen jadi turun 11-12 persen. Komposisi premium terhadap gasoline sekarang 68-69 persen Pertalite naik 13 persen," pungkasnya. (Pew/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.