Sukses

Ajang Pameran Mampu Gairahkan Daya Beli Masyarakat Lokal

Lesunya ekonomi nasional tidak berpengaruh dengan kondisi ekonomi masyarakat lokal.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Marwan Jafar gagelaran pameran potensi desa mampu meningkatkan data beli masyarakat di tengah situasi ekonomi nasional yang sedang terpuruk. Menurut Marwan, lesunya ekonomi nasional tidak berpengaruh dengan kondisi ekonomi masyarakat lokal.

"Tidak ada pengaruhnya, justru dengan adanya pameran bisa menggerakkan ekonomi masyarakat. Dan ternyata daya beli masyarakat masih tinggi," ujar Menteri Marwan usai membuka pameran potensi desa di Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan, Seperti dikutip dalam keterangan tertulis, Sabtu (29/8/2015).

Marwan mencontohkan, kondisi ekonomi lokal di Banyuasin dinilai masih stabil dalam pengertian sosio kultural dan sosial ekonomi masyarakat. "Ekonomi lokal menurut saya masih stabil, terbukti daya beli masyarakat masih tinggi di pameran potensi desa kali ini," tandasnya.

Selain menggairahkan daya beli masyarakat lokal, Marwan menegaskan bahwa pagelaran potensi desa yang diselenggarakan di Banyuasin untuk yang kedua kalinya ini bertujuan untuk menyuguhkan beberapa potensi desa yang selama ini masih belum terkuak dan belum tersosialisasikan.

“Dengan adanya pameran potensi desa ini akhirnya kita bisa mengetahui, ternyata Kabupaten Banyuasin yang baru berumur 13 tahun menyuguhkan potensi desa yang berarti dan kemajuan yang luar biasa sebagai daerah hasil pemekaran pada tahun 2002,” tuturnya.

Marwan menambahkan, potensi desa di Kabupaten Banyuasin bisa dikembangbiakkan dengan berbagai cara seperti dengan membangun UMKM, untuk memproduksi berbagai produk unggulan yang layak jual.

“Banyuasin punya kekhasan dan potensi, meskipun ini daerah pemekaran tapi potensinya sangat bagus. Produk unggulan Banyuasin bisa menjadi bahan eksport jika dikemas dengan baik dan memenuhi kebutuhan masyarakat,” imbuhnya.

Ia berharap pameran potensi desa bisa terus diselenggarakan di beberapa daerah lain, untuk mengangkat perekonomian lokal dan memasarkan potensi desa di daerah tersebut.

“Semoga program ini kedepan akan terus berjalan dan berhasil mengangkat perekonomian local dan bisa mempromosikan potensi desa di kabupaten yang lain,” imbuhnya. (Tanti Yulianingsih/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.