Sukses

Begini Cara Orang Kaya Mengatur Keuangannya

Anda ingin tahu bagaimana orang kaya mengatur uangnya? Berikut caranya.

Liputan6.com, Jakarta - Tidak salah jika kita ingin lebih banyak uang. Jika Anda ingin tahu bagaimana orang kaya mengatur uangnya. Berikut ini adalah 5 cara orang kaya mengatur isi dompetnya dilansir dari laman Lifehack, Minggu,(30/8/2015):


1. Hati-hati dengan pengeluaran kecil

Umumnya kita mulai berhati hati ketika melakukan investasi besar, dan atau membeli barang mahal. Namun kita cenderung menyepelekan biaya kecil. Padahal uang kecil jika dikumpulkan dapat menjadi banyak.


2. Fokus pada masa depan

Memang mudah untuk berfoya - foya pada masa muda. Sastrawan Amerika Tennessee Williams mengatakan Ketika muda Anda bisa tanpa uang, tetapi Anda tidak tanpa uang ketika tua. Jadi mulailah untuk fokus pada masa depan Anda.

3. Jangan membeli hal-hal yang tidak perlu demi pencitraan

Meskipun kita semua ingin mendapatkan kesan dikagumi di mata rekan-rekan dan teman-teman, kita tetap perlu membuat batasan. Anda harus membeli barang kebutuahan, tetapi tidak perlu hingga membuat orang lain terkagum-kagum dengan barang yang Anda punya. "Berhenti membeli hal-hal yang tidak perlu, hanya untuk mengesankan orang." kata perencana keuangan Suze Orman.

4. Catat pengeluaran dan pemasukan

Banyak orang yang bingung dan heran kenapa uang mereka cepat habis. Sedangkan orang kaya umumnya tahu dari mana uang mereka berasal, dan untuk apa uang itu diperguanakan. Dalam hal ini, sepertinya lembaran Excel benar-benar dapat membantu Anda. 

5. Kerja keras

Umumnya masyarakat mengira orang kaya hanya bersenang-senang, dan menikmati hidup mereka. Kenyataannya adalah tidak. Mereka bekerja lebih keras dari pada orang biasa, setidaknya saat mereka muda. Jadi cobalah untuk meningkatkan penghasilan Anda, dan tabunglah lebih banyak dari sebelumnya. (Ilh/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini