Sukses

Ingin Tahu Gaya Kepemimpinan Anda?

Berikut empat tipe gaya kepemimpinan yang mungkin juga ada di dalam diri Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak pemimpin di dunia ini, namun mereka memiliki gaya dan cara tersendiri dalam menyikapi masalah maupun peluang. Anda juga seorang pemimpin bukan?, setidaknya untuk diri Anda sendiri.

Berikut ini adalah empat tipe gaya kepemimpinan dilansir dari laman Lifehack, Senin (31/8/2015) :

1. Visioner

Pemimpin tipe visioner selalu memimpikan hal-hal besar. Dia tidak dibatasi oleh kesepakatan umum. Ketika orang lain mengatakan "tidak bisa melakukan hal itu ". Pemimpin visioner bertanya, "Mengapa tidak?". Dia melakukan pendekatan terhadap masalah dengan cara unik, dan akan berpikir out of the box ketika diberikan tugas yang sangat sulit.

Ide yang terlalu besar menyedot banyak energi dan sumber daya. Sifat idealis visioner kadang-kadang tidak berkompromi dengan situasi dan kondisi. Para visioner sangat cocok berkerja sebagai seniman, musisi, atau profesi lainnya yang lebih mengutamakan kreativitas.

2. Analisa

Pemimpin tipe analisa jeli dalam melihat peluang, dan masalah secara sistematis. Ketika envisioner mengharapkan suatu hal yang tidak realistis, penganalisas tetap membumi dan melihat realitas apa adanya. Para pemimpin tipe penganalisasi ini berpedoman "Jika tidak rusak, jangan memperbaikinya."

Penganalisa jarang memberi sebuah inovasi kepada tim. Pemimpin penganalisa cenderung menghindari cara-cara baru dalam melakukan sesuatu. Pengacara dan hakim adalah pekerjaan yang cocok bagi para penganalisa.

3. Perasa

Seorang pemimpin perasa sangat berempati dan peduli pada kebutuhan tim. Mereka sadar bahwa tim tidak bisa berfungsi kecuali kebutuhan dasar mereka terpenuhi. Pemimpin perasa tidak akan menyuruh karyawannya untuk datang pada Sabtu sekadar menyelesaikan pekerjaan yang seharusnya dilakukan pada Jumat. Hal itu karena mereka memahami para karyawan membutuhkan istirahat agar fit pada Senin pagi.

Pemimpin perasa sering mengalami kesulitan dalam menerapkan aturan. Mereka paling cocok bekerja sebagai konselor atau psikiater.

4. Pelaksana

Pemimpin tipe pelaksana berorientasi pada hasil. Bagi mereka, jika sesuatu memang perlu dilakukan, lebih baik lakukan dengan segera, dan tanpa ragu-ragu. Mereka juga tidak membuang-buang waktu menganalisis kemungkinan. Ketika dia membuat keputusan, dirinya mengharapkan orang lain untuk sejalan dengannya.

Tapi keputusan mereka kadang tidak selalu tepat, karena cenderung membuat keputusan yang cepat. Mereka juga sangat kaku, dan terjebak dengan caranya sendiri. Mereka cocok menjadi atlet. Mereka tahu tujuan yang harus dicapai, dan tahu bagaimana untuk mencapai itu. (Ilh/Ahm)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.