Sukses

Investor Taiwan akan Bangun Pabrik Perakitan Ponsel di RI

Investor Taiwan membangun pabrik bukan hanya untuk merakit satu merek ponsel saja.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perindustrian menyatakan investor Taiwan menggandeng produsen ponsel PT Tiphone Mobile Indonesia untuk membangun pabrik perakitan telepon seluler (ponsel).

Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika Kementerian Perindustrian I Gusti Putu Suryawirawan mengatakan investor Taiwan akan membawa bahan baku dari negara asalnya untuk merakit ponsel di Indonesia.

"Tiphone mereka mau bikin perakitan di sini, merek itu mau pakai komponen dari sana," kata Putu, di Kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta, Senin (31/8/2015).

Putu menuturkan, pabrik yang akan dibangun investor Taiwan tidak hanya merakit satu merek ponsel saja ke depan. Hal tersebut sama seperti yang dilakukan Foxcon.

"Nantinya pembuatan di sini oleh investor Taiwan. Orang Taiwan mau bangun kaya Foxcon di sini mengerjakannya siapa saja," tutur Putu.

Putu berharap, industri serupa bertambah di Indonesia, namun saat ini masih ada kendala bahan baku baja. Khusus yang didatangkan dari luar negeri dan Kementerian Perindustrian mengaku siap membantu memberi insentif untuk meringankan investor.

"Saya berharap di Indonesia ada dua atau tiga tapi tidak gampang menarik mereka. Lantaran mereka punya teknologi yang sangat rahasia. Saya minta dorong mereka untuk kesini, mereka membutuhkan baja khusus tidak ada di Indonesia, saya bilang bisa diatur kalau bahan bakunya belum ada," pungkasnya. (Pew/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.