Sukses

Pemenang Tender Kereta Cepat Diputuskan Rabu Ini

Pemerintah siap memutuskan pemenang tender kereta cepat Jakarta-Bandung pada Rabu, 2 September 2015.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Joko Widodo (Jokowi) siap memutuskan pemenang tender kereta cepat (High Speed Railways/HSR) rute Jakarta-Bandung pada Rabu (2/9/2015). Dalam hal ini, apakah proposal (Feasibility Study/FS) dari China atau Jepang yang akan dipilih pemerintah?

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution menegaskan bahwa rapat kereta cepat hari ini (31/8/2015) baru sebatas tingkat Eselon I Kementerian terkait. Rencananya rapat koordinasi tersebut berlangsung pada pukul 14.00 WIB.

"Itu untuk Eselon I, belum tingkat menteri. Tadinya mau tingkat menteri, tapi kemudian terpikir menterinya belum tahu, masa langsung rapat," tegas dia usai menghadiri Seminar ISEI di Gedung Kemenkeu, Jakarta.

Menurut Darmin, rapat jajaran Eselon I Kementerian terkait dapat menjadi bahan bagi para menteri untuk mempelajari secara detail proposal FS dan penawaran China maupun Jepang kepada Indonesia untuk membangun proyek Shinkansen Jakarta-Bandung.

"Menterinya bilang in tidak betul, mestinya bagi dulu bahannya baru kita tanggapi. Jadi kalau Eselon I sudah melapor ke Menteri, lusa (Rabu) akan kita rapatkan," tegasnya.

Rapat koordinasi antar menteri yang dijadwalkan pada Rabu depan, kata Darmin, akan menyimpulkan dan memutuskan siapa pemenang dari proyek kereta cepat. "Kita juga akan sampaikan ke Presiden pada Rabu saat itu juga. Karena studinya sudah lengkap," tukas dia. (Fik/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini