Sukses

Mentan Minta Ukraina Produksi Benih Kedelai di RI

Menteri Pertanian Amran Sulaiman meminta Ukraina untuk memproduksi benih kacang kedelai di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pertanian Amran Sulaiman meminta Ukraina untuk memproduksi benih kacang kedelai di Indonesia. Hal ini sebagai bagian dari upaya peningkatan produksi kedelai di dalam negeri.

Usai bertemu dengan Duta Besar Ukraina untuk Indonesia di kantornya, Amran menyatakan bahwa selama ini Ukraina dikenal sebagai penghasil kedelai yang unggul. Oleh sebab itu, Kedatangan perwakilan pemerintah Ukraina tersebut yaitu ingin memasarkan kedelainya ke Indonesia.

"Soy bean (kacang kedelai) mereka bagus, mereka mau pasarin ke sini," ujarnya di Jakarta, Senin (31/8/2015).

Namun Amran mengaku tidak ini Indonesia hanya dijadikan pasar kedelai bagi negara pecahan Uni Soviet tersebut. Menurut dia akan lebih baik jika Ukraina mau berinvestasi dan memproduksi bibit kedelainya di Indonesia.

"Tapi saya balik, kalau bisa teknologinya ke sini, produksi bibitnya disini," katanya

Menurut dia, produksi kedelai Indonesia saat ini masih rendah. Produksi kedelai per hektar lahan hanya berkisar antara 1,5 ton-2 ton. Bila Ukraina mau memproduksi benih kedelai di Indonesia, produksi tanaman tersebut diharapkan bisa meningkat hingga dua kali lipat.

"Kalau saya justru benihnya yang kita incar. Supaya bisa produksi tinggi. Karena kita kan rata-rata produksi 1,5 ton-2 juta ton. Kalau bisa 3,5 ton-4 ton kan bagus," tandasnya. (Dny/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.