Sukses

Menteri BUMN Rini Sebut PLN akan Tambah 4 Direksi

PLN mendapatkan mandat untuk bangun proyek listrik 35 ribu MW berencana menambah direksi.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengatakan ada kemungkinan penambahan direksi PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) sekitar tiga hingga empat direksi. Pihaknya masih memproses penambahan direksi PLN.

"Restrukturisasi PLN menjadi ada direktur-direktur yang bertanggung jawab untuk tiap regional. Kemudian mereka ingin menambahkan tiga hingga empat direktur untuk korporasi," ujar Rini saat ditemui wartawan pada Selasa (1/9/2015).

Rini menambahkan, ke depan ada direksi yang bertanggung jawab untuk wilayah regional mulai dari Sumatra, Jawa Timur-Bali, Jawa Tengah, dan Kalimantan.

"Jadi memang ada yang bertanggung jawab secara area untuk direkturnya. Kemudian ada yang bertanggung jawab secara korporasi jadi mulai direktur keuangan dan sumber daya manusia," ujar Rini.

Kemungkinan tambahan direksi PLN tersebut juga untuk wilayah regional. Dengan ada masing-masing pemimpin yang bertanggung jawab terhadap daerah regionalnya membuat semakin jelas. Rini menuturkan, perlu ada perubahan struktur organisasi mengingat PLN melakukan regionalisasi.
"Supaya makin jelas sekarang kalau setiap daerah itu tanggung jawabnya," kata Rini.

Rini mencontohkan, bila ada suatu daerah kurang pasokan listrik maka ada direktur yang bertanggung jawab untuk menyelesaikan persoalan tersebut untuk wilayah regional yang dipimpinnya.

Untuk mendukung target yang telah dijanjikan oleh Presiden Jokowi, PT PLN (Persero) sebagai perusahaan pelat merah yang mendapat mandat untuk membangun pembangkit listrik dalam program tersebut berencana untuk menambah direksi.

"Nanti manajemen PLN akan diperkuat, menambah direksi, membagi dua antara corporate function sama fungsi-fungsi regional," kata Menteri ESDM Sudirman Said.

Saat ini, dirinya tengah melakukan pembahasan dengan beberapa pemangku kepentingan lain untuk rencana penambahan direksi tersebut. Salah satu yang masuk dalam tim pembahasan penambahan direksi tersebut adalah Menteri BUMN Rini Soemarno, yang menjadi pemegang saham dan memiliki hak perubahan direksi PLN.

Namun, Sudirman belum bisa memastikan berapa pasukan tambahan yang akan menjadi direksi baru di PLN tersebut. PLN sendiri sampai saat ini memiliki delapan direksi yang dipimpin oleh Sofyan Basir yang sebelum di PLN menjabat sebagai Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero). (Yas/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.