Sukses

Indonesia Didapuk Jadi Tuan Rumah 2 Ajang Internasional

Rencananya dua ajang internasional itu akan dilaksanakan di Bali.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden RI Joko Widodo sore ini menerima tamu yaitu rombngan dari International Monetary Fund (IMF) yang dipimpin langsung oleh Menaging Director IMF‎ Christine Lagarde di Istana Kepresidenan, Jakarta.

Dalam kunjungannya itu, Lagarde menyampaikan kepada orang nomor satu di Indonesia itu bahwa Indonesia terpilih menjadi tuan rumah Annual Meeting IMF dan World Bank Group tahun 2018. Rencananya, penyelenggaraan pertemuan tahunan itu tersebut akan dilaksanakan di Bali.

"Ini akan menjadi poin positif bagi Indonesia untuk menunjukkan ekonomi Indonesia yang impressive dan keramahan masyarakatnya, dan keindahan negara ini," kata Lagarde di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (1/9/2015).

Dikatakan Lagarde, pertemuan tahunan  ini menjadi agenda dua tahunan yang diselenggarakan IMF dan World Bank Group. Pada tahun 2015, dua ajang bergensi ini diadakan di Lima, Peru pada bulan Oktober nanti.

Dalam pertemuan tahunan tersebut setidaknya akan menghadirkan beberapa pemangku kebijakan yang menjadi anggota IMF dan Group Bank dunia, seperti menteri Keuangan dan Gubernur Bank Central. Adapun yang akan dibahas dalam annual meeting tersebut mulai dari ‎isu ekonomi global hingga pengaruh perubahan iklim global.

Sementara di kesempatan yang sama, Presiden RI, Jokowi menyatakan apresiasinya akan terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah. Hal ini akan menjadi nilai positif bagi Indonesia di mata dunia, terutama dalam menyelenggarakan ajang-ajang internasional.

‎"Terima kasih yang sebesar-besarnya karena Indonesia pada 2018 akan menjadi tuan rumah bagi pertemuan tahunan IMF dan World Bank, dan pertemuan itu memberikan kepercayaan kepada kita bahwa kita mampu mengelola event-event yang berskala internasional," tutup Jokowi.

Dalam pertemuan dengan Lagarde, Jokowi di dampingi oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro dan Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo. (Yas/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini