Sukses

Selamatkan RI dari Ancaman Krisis, Para Menteri Rapat 3 Hari

Pemerintah akan kembali melakukan revisi sekitar 160 aturan salah satunya investasi di sektor perdagangan, industri dan pertanian,

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan menteri-menteri ekonomi untuk menuntaskan satu paket kebijakan yang menyangkut perombakan aturan besar-besaran atau deregulasi birokrasi pada pekan ini. Dengan deadline tersebut, para menteri ekonomi siap menggelar rapat maraton di Bogor.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution mengungkapkan deregulasi besar-besaran yang menyangkut investasi di sektor perdagangan, industri dan pertanian merupakan satu dari empat paket kebijakan yang sedang digodok pemerintah.

Darmin menuturkan, pemerintah harus memeriksa kembali apakah aturan-aturan tersebut harus dilakukan revisi total atau hanya sebagian. "Jadi banyak sekali peraturan, kalau tidak salah 160 aturan. Nanti ada yang disederhanakan dalam jumlahnya, maupun isinya," ucap Darmin di kantornya, Jakarta, Rabu (2/9/2015).

Untuk kebijakan tersebut, Darmin mengakui, Presiden mendesak selesai pada pekan ini. Sehingga para menteri ekonomi akan menggelar rapat selama tiga hari berturut-turut di Istana Bogor.

"Presiden minta deregulasi birokrasi selesai hari ini. Maka konsekuensinya kita akan rapat di Bogor besok, Jumat dan Sabtu ini. Kalau ada Kementerian atau Kamar Dagang dan Industri (Kadin) yang perlu dipanggil, ya dari sana. Kalau perlu kita menginap," jelas Darmin. (Fik/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini