Sukses

Ikuti 5 Langkah Ini Agar Cepat Dapat Kerja

Banyak orang menunggu begitu lama untuk dapat menemukan pekerjaan yang mereka inginkan.

Liputan6.com, Jakarta - Anda pasti pernah merasakan betapa sulitnya melakukan pencarian pekerjaan saat ini, bukan?. Kondisi perekonomian yang semakin sulit dan tingginya tingkat persaingan sesama pencari kerja mengharuskan kita untuk lebih kreatif dan jeli melihat potensi yang ada.

Banyak orang menunggu begitu lama untuk dapat menemukan pekerjan yang mereka inginkan. Jika posisi Anda sekarang sangat bertentangan dengan apa yang Anda ingin lakukan, kegelisahan pasti dapat timbul kapan saja.

Untung saja, ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk dapat mendapatkan pekerjaan impian Anda dengan cepat. Seperti yang dilansir dari laman cheatsheet.net, Kamis  (2/9/2015), berikut beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk dapat dengan mudah mendapatkan pekerjaan impian Anda;

1. Carilah lowongan di waktu yang tepat

Waktu tertentu memang merupakan waktu yang tepat dalam mencari pekerjaan. Jika Anda membutuhkan pekerjaan segera, Anda mungkin tidak memiliki waktu untuk benar-benar menunggu pekerjaan yang ada.

Namun, apabila Anda hanya memiliki pikiran untuk berpindah kerjaan, Anda mungkin dapat mencoba mencari pekerjaan ketika perusahaan sedang mencari karyawan yang baru.

“Bulan-bulan besar di mana perusahaan sedang mencari karyawan dalam jumlah yang besar adalah bulan Januari dan Februari, serta Akhir September dan Oktober,” tutur Scott Testa, chief operating officer dari Mindbridge Software. “Para calon pekerja yang mencari pekerjaan sekitar bulan ini memiliki kesempatan besar untuk segera dipilih.

Proses pencarian karyawan akan sedikit mengendur pada musim panas. Jika Anda berpikir untuk mencari pekerjaan di waktu ini, sebaiknya Anda menunggu satu atau dua bulan setelahnya. Anda juga dapat menunggu sembari memperbaharui CV, mengupdate linkedin profil dan juga membangun jaringan yang lebih besar.

2. Biarkan orang tau Anda sedang mencari pekerjaan

Jika Anda sedang mencari pekerjaan lewat internet, Anda kemungkinan melewatkan kesempatan berharga. Survei membuktikan bahwa 41 persen bagian HRD mendapatkan karyawan yang mereka cari melalui jaringan dari teman-temannya. Banyak posisi yang tidak pernah di publish secara online.

Jangan ragu untuk membuat pernyataan publik akan pencarian kerja yang Anda jalankan. Cobalah menghubungi kembali mantan rekan kerja Anda secara pribadi dan mintalah bantuan untuk mencarikan posisi pekerjaan yang Anda inginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gambarkan diri Anda

3. Berikan gambaran jelas tentang apa yang sudah Anda lakukan sebelumnya

Banyak orang yang lebih memilih untuk menulisan tujuan dan sasaran yang ingin dicapai saat menulis resume. Beberapa dari mereka justru terlalu bertele-tele dalam menuliskan resume sehingga sulit untuk dibaca.

Daripada menuliskan resume yang Anda sebenarnya belum yakin untuk menuliskannya, cobalah untuk menuliskan apa yang sudah Anda dapatkan dari pekerjaan Anda sebelumnya. Hal ini akan sangat membantu perekrut untuk mengetahui kemampuan apa yang Anda miliki.

4. Mengikuti proyek sukarela

Menyumbangkan sebagian waktu Anda untuk mengikuti proyek sukarela ternyata dapat membantu Anda untuk mendapatkan pekerjaan dengan lebih mudah.

Menurut penelitian tahun 2015 yang diluncurkan oleh Journal Career Assessment, dari 265 calon pekerja, sebagian dari mereka yang pernah mengikuti proyek sukarela justru dapat mendapat pekerjaan lebih cepat dalam kurun waktu 6 bulan setelahnya.

Salah satu alasan mengapa pekerjaan sukarela dapat membantu Anda untuk mendapatkan pekerjaan dengan lebih mudah adalah karena hal tersebut dapat menunjukkan kepada penghire bahwa Anda telah memiliki keahlian spesifik yang mungkin tidak Anda dapatkan di bangku kuliah.

5. Hati-hati dengan sosial media

Mulai sekarang, Anda harus berhati-hati terhadap hal apa yang Anda unggah ke sosial media. Mengapa? sangat mungkin para pencari kerja selalu melihat sosial media yang Anda miliki. Data membuktikan bahwa 43 persen dari HRD perusahaan mencari kandidat terbaik bagi pekerjaan mereka melalui media sosial.

Mengunggah postingan yang seronoh, ataupun informasi rahasia yang seharusnya tidak Anda bagikan, justru dapat merugikan Anda mendapatkan pekerjaan yang Anda impikan. Hampir setengah dari perusahaan mengungkapkan mereka langsung mencoret nama kandidat yang potensial apabila mereka terlihat mengunggah sesuatu yang tidak seharusnya dilakukan. (Vna/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini