Sukses

Cara OJK Jangkau Sektor Keuangan di Wilayah Timur RI

OJK juga akan memanfaatkan satelit yang dimiliki PT Bank Rakyat Indonesia Tbk untuk memperkuat pelayanan jaringan di wilayah timur.

Liputan6.com, Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengungkapkan memiliki cara untuk mengembangkan sektor keuangan di wilayah timur Indonesia. Tidak hanya menggunakan kantor-kantor bank konvensional, OJK juga akan mendorong untuk memanfaatkan jaringan internet.

Selain itu, Anggota Dewan Komisioner Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Kusumaningtuti Soetiono menuturkan telah merangkul berbagai pihak untuk pengembangan sektor keuangan.

"Kerja sama perkantoran di daerah timur, seperti Kantor Pos, Pegadaian. Pegadaian saja memiliki outlet 4.411 outlet dan sudah house to house," kata dia Jakarta, Kamis (3/9/2015).

OJK juga akan memperkuat pelayanan jaringan di wilayah timur dengan memanfaatkan satelit yang dimiliki PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI). Satelit ini sendiri akan beroperasi mulai 2016.

"Kita juga memanfaatkan yang dimiliki misal PT Bank Rakyat Indonesia Tbk satelit akan beroperasi 2016. Itu tidak seluruh kapasitasnya dimanfaatkan sendiri oleh PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. Jadi minta sharing dengan menggunakan itu," jelas Kusumaningtuti.

Sejalan itu, pihaknya juga akan memperkuat pengaman jaringan. Caranya, menggandeng Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

"Juga dengan Kominfo kami juga kerjasama. Untuk faktor keamanan kami memiliki working group untuk mengidentifikasi keamanan," ujar dia. (Amd/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Otoritas Jasa Keuangan atau OJK adalah lembaga yang berfungsi untuk mengatur dan mengawasi seluruh kegiatan di sektor keuangan.

    OJK

Video Terkini