Sukses

Jaga Kesehatan Masyarakat, Pemerintah Atur Pembangunan Sutet

Peraturan pembangunan kelistrikan jadi pedoman bagi pemegang izin usaha penyediaan tenaga listrik.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) menerbitkan Peraturan Menteri ESDM Nomor 18 Tahun 2015 tentang pembangunan saluran kelistrikan.

Direktur Jenderal Kentenaga Listrikan Kementerian ESDM, Jarman mengungkapkan Peraturan Menteri tersebut mengatur tentang ruang bebas dan jarak bebas minimum pada Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT), Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) dan Saluran Udara Tegangan Tinggi Arus Searah (SUTTAS).

"Peraturan ini mengantikan Permentamben, karena sudah tidak sesuai lagi dengan dinamika perkembangan teknologi dan perkembangan perundang-undangan," kata Jarman di Jakarta, Jumat (4/9/2015).

Ia mengatakan, peraturan tersebut akan dijadikan pedoman bagi pemegang izin usaha penyediaan tenaga listrik dan pemegang izin operasi untuk menentukan objek kompensasi tanah, bangunan dan tanaman di bawah ruang bebas SUTT,SUTET dan SUTTAS.

"Peraturan tersebut mengacu pada Standar Nasional Indonesia (SNI) tentang ruang bebas dan jarak bebas minimum SUTT,SUTET dan SUTTAS," tutur Jarman.

Jarman mengungkapkan, masyarakat harus dijauhkan dari ruang bebas jaringan tersebut lantaran membahayakan kesehatan. "Kalau dia masuk ruang bebas, salah satu adalah kena medan elektro magnetik yang bahaya buat kesehatan. Kalau di luar ruang bebas dia aman," kata Jarman. (Pew/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini