Sukses

Perpanjangan Peron Stasiun Jadi PR KAI

KAI Commuter Jabodetabek sedang membangun 16 stasiun di Jabodetabek.

Liputan6.com, Jakarta - PT KAI Commuter Jabodetabek saat ini terus meningkatkan sarana dan prasarana demi meningkatkan kapasitas angkut mencapai 1,2 juta penumpang per hari pada 2019.

Dalam waktu dekat, upaya terbaru yang dilakukan KCJ adalah penggantian KRL dari yang sebelumnya hanya terdiri dari 10 gerbong menjadi 12 gerbong. Penggantian ini nantinya dilakukan secara bertahap.

Namun demikian, Direktur Utama KCJ M Fadhil mengaku ada beberapa pekerjaan rumah yang harus dilakukan, salah satunya peningkatan kapasitas stasiun.

"Kendala teknis banyak, kami sedang menyiapkan perpanjangan peron, karena ini sangat vital," kata Fadhil di kantor KCJ, Stasiun Juanda, Jakarta, Jumat (4/9/2015).

Fadhil mengatakan, setidaknya saat‎ ini ada 16 stasiun yang tengah dibangun oleh KCJ di wilayah Jabodetabek. Hal paling utama dibangun adalah peron stasiun yang diperpanjang.

Perpanjangan peron ditargetkan di 16 stasiun ini akan rampung pada Desember 2015. "Jadi kami minta masyarakat maklum, karena pasti dengan 12 gerbong itu nanti ada gerbong yang tidak kebagian peron," tegas Fadhil.

Dari data jumlah penumpang, KRL setiap harinya mampu mengangkut 690 ribu hingga 720 ribu penumpang per harinya pada semester I 2015. Bahkan sebelum lebaran kemarin, jumlah penumpang yang diangkut bisa mencapai 850 ribu penumpang per hari. (Yas/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.