Sukses

Jelang Rilis Data Ekonomi China dan Jepang, Bursa Asia Naik Tipis

Indeks saham MSCI Asia Pacific menguat 0,1 persen pada pukul 09.31 waktu Tokyo.

Liputan6.com, Tokyo - Bursa saham Asia menguat pada perdagangan saham Selasa pekan ini sebelum rilis data perdagangan China keluar, dan ada harapan terhadap optimisme ekonomi Jepang.

Indeks saham MSCI Asia Pacific naik 0,1 persen pada pukul 09.31 waktu Tokyo. Sejumlah bursa saham menguat seperti indeks saham Jepang Nikkei. Lalu indeks saham Australia mendaki 0,9 persen.

Kenaikan bursa saham Jepang mendorong indeks saham acuan Asia Pacific bergerak menguat dalam tujuh hari. Indeks saham berjangka China pun menguat. Sementara itu, pelaku pasar kini khawatir terhadap pasokan minyak berlebih sehingga dapat mendorong minyak mentah Amerika Serikat (AS) di bawah US$ 45 per barel.

Pada Selasa pekan ini, dua ekonomi terbesar di Asia akan merilis data ekonomi. Jepang akan merilis data produk domestik bruto (PDB) yang diperkirakan turun tipis karena belanja konsumen melemah. Sedangkan China akan menyampaikan laporan data perdagangan.

"Ekonomi China melambat, meski ada upaya terbaik untuk pemerintahan China menghadapi tindakan penyeimbangan di tengah mendongkrak ekonomi dan menempatkan reformasi struktural," ujar Mark Smith, Ekonom ANZ Bank New Zealand Ltd, seperti dikutip dari laman Reuters, Selasa (8/9/2015).

Pada bulan lalu ketidakpastian atas prospek China telah memicu volatilitas di bursa saham. Hal itu akibat devaluasi atau pelemahan mata uang China sehingga berdampak terhadap investasi berisiko. (Ahm/Igw)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini