Sukses

Menteri Marwan: Transmigrasi Mampu Dorong Ekonomi Nasional

Gerakan transmigrasi menjadi bagian untuh untuk menggerakkan wirausahawan dan para interpreuner.

Liputan6.com, Jakarta - Gerakan transmigrasi diharapkan bisa menumbuhkan perekonomian nasional. Transmigrasi dinilai bisa menyerap tenaga kerja dan menumbuhkan wirausahawan-wirausahawan baru di kawasan transmigrasi.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Marwan Jafar menjelaskan, menjadi transmigran dinilai lebih terhormat daripada sekedar menjadi TKI yang sampai saat ini masih dirundung banyak masalah.

“Proses pengiriman TKI baik yang legal maupun yang illegal nasibnya semakin hari semakin tidak membahagiakan. Oleh karena itu saya serukan sekali lagi bahwa transmigrasi adalah salah satu solusi untuk memberikan jalan keluar bagi pengangguran di Indonesia yang kita cintai,” jelasnya dalam dalam acara Transmigrasi Expo 2015, Jakarta, Selasa (8/9/2015).

Dengan berkembangnya kawasan transmigrasi tentu akan semakin banyak menumbuhkan para wirausahawan-wirausahawan baru yang bisa membantu meningkatkan perekonomian nasional.

“Tentu pemerintah akan men-support dengan memberikan dukungan penuh kepada para wirausahawan di kawasan transmigrasi yang menjadi bagian terpenting yang harus kita sosialisasikan. Sekali lagi, gerakan transmigrasi menjadi bagian untuh untuk menggerakkan wirausahawan dan para interpreuner secara professional,” tandasnya.

Dengan adanya transmigrasi, sedikit banyak bisa membantu menggerakkan ekonomi nasional di level daerah, regional, maupun nasional. “Kita tahu bersama banyak para transmigran kita dengan kisah yang sukses telah membantu perekonomian kita dan tentu pula membantu perekonomian kita secara langsung dan tidak langsung juga membantu perekonomian kita secara nasional. Ini patut kita apresiasi, bahwa transmigrasi bisa mendorong ekonomi kita di level nasional,” imbuh Menteri Marwan.

Di sisi lain, gerakan transmigrasi tak hanya sekedar menyerap tenaga kerja. Gerakan transmigrasi, menurut Menteri Marwan juga bisa meningkatkan semangat dan membangun solidaritas kita sesame anak bangsa.

“Tentu gerakan transmigrasi ini bisa menumbuhkan kohesifitas sosial kita melalui transmigran , melalui anak-anak transmigran kita, dan melalui gerakan transmigran secara nasional, bahwa transmigrasi ini adalah solusi nasional bagi perkembangan ekonomi nasional kita,” imbuhnya. (Tanti/Gdn)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini