Sukses

Top 5 Bisnis: Mobil Listrik RI Dipinang Malaysia Paling Diburu

Pencipta mobil listrik Selo, Ricky Elson akhirnya dipinang Malaysia karena di Indonesia dinilai tak berkembang.

Liputan6.com, Jakarta - Pencipta mobil listrik 'Selo', Ricky Elson akhirnya dipinang Malaysia karena di Indonesia dinilai tak berkembang. Kementerian Perindustrian mengatakan, dalam 5 tahun ke depan, industri mobil listrik diharapkan bisa berkembang layaknya mobil-mobil yang ada saat ini.

Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika Kementerian Perindustrian I Gusti Putu Suryawirawan mengatakan, saat ini pemerintah tengah menyusun kembali roadmap dalam mengembangkan aturan mengenai kendaraan berkarbon rendah atau low carbon emission vehicle (LCEV).

"Kami sedang memperbaiki roadmap pengembangan LCEV di mana mobil listrik ada di dalamnya," tutur Putu saat berbincang dengan Liputan6.com, Selasa, 8 September 2015.

Menurutnya, untuk mengembangkan mobil listrik yang notabene masih sangat jarang, diperlukan regulasi dan insentif khusus. Dalam roadmap itu juga bakal tercantum insentif dan regulasi tersebut.

"Perlu ada dukungan regulasi dan insentif dari pemerintah agar arah pengembangannya sesuai dengan ketentuan internasional dan memberikan manfaat komersial dan pelestarian lingkungan sebesar-besarnya bagi negara," paparnya.

Informasi mengenai mobil listrik Selo yang dilirik Malaysia masih jadi berita paling menarik pembaca. Lengkapnya, berikut lima artikel paling populer di kanal bisnis Liputan6.com edisi Selasa, 8 September 2015:
 
1. Mobil Listrik RI Dipinang Malaysia, Ini Komentar Kemenperin

Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika Kementerian Perindustrian I Gusti Putu Suryawirawan mengatakan, pemerintah punya harapan agar mobil listrik ini berkembang di tanah air.

"Sekarang sudah banyak yang mulai dan sering muncul dalam pameran-pameran. Kami berharap dalam 5 tahun ke depan sudah bisa tumbuh seperti kendaraan motor bakar yang banyak dipakai sekarang," kata Putu.

2. Ini Untungnya Pakai Listrik Prabayar

Menteri Koordintor Bidang Maritim Rizal Ramli  menilai  PT PLN (Persero) telah memaksa pelanggan menggunakan meteran pra bayar, dan ia meminta PLN  memberikan pilihan ke masyarakat untuk menggunakan meteran listrik prabayar atau pasca bayar.

Apa keuntungan memakai meteran listrik pintar prabayar yang menggunakan pulsa listrik tersebut?

Direktur Bisnis dan Manajemen Resiko (BMR) PLN, Murtaqi Syamsuddin mengungkapkan, keuntungan menggunakan meteran token listrik bagi pelanggan adalah lebih memudahkan dalam pembayaran listrik dan mengetahui pemakaian secara rinci.

Sedangkan keuntungan penggunaan meteran token bagi PLN adalah lebih akurat dan efisien dalam pencatatan penggunaan listrik pelanggannya. PLN tidak perlu lagi menugaskan pegawainya untuk mencatat penggunaan meteran pelanggan.

3. Rizal Ramli Pangkas Target Listrik, RI Terancam Gelap Gulita
Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman, Rizal Ramli bakal menurunkan target pembangunan proyek listrik 35 ribu megawatt (MW) menjadi 16 ribu MW sampai dengan 2019.

Pasalnya, jika megaproyek 35 ribu MW direalisasikan dalam waktu lima tahun, maka PLN akan mengalami kelebihan kapasitas (idle) 21.331 MW dengan beban puncak mencapai 74 ribu MW di 2019.

Menanggapi hal itu, Pengamat Kelistrikan Fabby Tumiwa menilai langkah yang diambil Rizal Ramli memangkas target kelistrikan bisa membuat Indonesia terancam krisis listrik. Kenapa?

4. Baru 4 Bulan, Putri Charlotte Cetak Duit Rp 71 Triliun

Anak pertama Pangeran William, Pangeran George, mungkin suatu saat menjadi raja Inggris. Tapi adiknya, Putri Charlotte, yang bisa mengumpulkan uang lebih banyak.

Anggota keluarga termuda kerajaan Inggris ini memang masih berumur empat bulan. Namun menurut Brand Finance, seperti dikutip CNN Money, Charlotte bisa menghasilkan uang hingga US$ 5 miliar atau sekitar Rp 71,4 triliun (kurs: Rp 14.282 per dolar AS) untuk perekonomian negaranya. Sementara George sekitar US$ 3,6 miliar.

5. Ingin Memulai Bisnis? Renungkan 5 Hal Ini

Memulai bisnis seperti layaknya menjadi orang tua. Anda hanya harus mempersiapkan rencana baik secara emosional maupun finansial. Selain itu, Anda harus berkomitmen dan siap jika rencana membutuhkan tenaga Anda, tidak peduli siang ataupun malam.

Berikut adalah lima pertanyaan yang harus Anda renungkan sebelum memulai bisnis sendiri. Apa saja? (Ndw/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.