Sukses

Kemarau Panjang Bikin Harga Sayuran Melonjak

Selain berdampak pada kenaikan harga, kemarau panjang ini juga membuat kualitas sayuran menurun.

Liputan6.com, Jakarta - Kemarau panjang yang melanda sebagian besar wilayah Indonesia membuat harga sayuran di pasar tradisional mengalami kenaikan. 

Hal tersebut diungkapkan oleh Sarti, salah satu pedagangan sayuran di PD Pasar Jaya Pasar Buncit, Jakarta Selatan. Menurutnya, kemarau panjang membuat produksi sayuran menurun sehingga pasokan ke pasar-pasar tradisional di ibukota mengalami penurunan.

"Harga-harga sayuran banyak yang naik, mungkin karena sedang kemarau panjang," ujarnya saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Rabu (9/9/2015).

Sarti mencontohkan, harga timun yang biasanya hanya Rp 10 ribu per kg kini naik jadi Rp 13 ribu-Rp 14 ribu per kg. Kemudian harga pare dari sebelumnya hanya Rp 8.000 per kg kini naik menjadi Rp 14 ribu per kg.

"Timur itu bisanya paling mahal Rp 10 ribu, sekarang terpaksa jual Rp 14 ribu. Pare juga biasanya paling mahal Rp 8.000, sekarang jadi Rp 14 ribu juga," kata dia.

Selain itu, kenaikan harga juga terjadi pada cabai rawit merah dari Rp Rp 50 ribu menjadi Rp 70 ribu per kg dan cabai merah besar dari Rp 40 ribu menjadi Rp 50 ribu per kg.

"Rawit merah naik jadi Rp 70 ribu, sebelumnya Rp 50 ribu. Cabai merah besar juga naik, dari Rp 40 ribu jadi Rp 50 ribu. Kalau cabai merah keriting masih sama, Rp 40 ribu per kg," jelasnya.

Dia juga mengungkapkan, selain berdampak pada kenaikan harga, kemarau panjang ini juga membuat kualitas sayuran menurun.

"Misalnya timun dan wortel harusnya dapat banyak air. Ini numbuhnya jadi nggak bagus. Ukurannya besar tapi nggak segar," tandas dia.

Namun selain mengalami kenaikan, harga bawang merah dan kacang panjang justru mengalami penurunan. Harga bawang merah turun sekitar Rp 10 ribu per kg sedangkan kacang panjang turun Rp 5 ribu per kg.

Berikut harga sayuran di pasar tradisional berdasarkan pantauan Liputan6.com:

Timun Rp 14 ribu per kg
Pare Rp 14 ribu per kg
Wortel besar Rp 25 ribu per kg
Wortel kecil Rp 14 ribu per kg
Buncis Rp 20 ribu per kg
Kacang panjang Rp 15 ribu per kg
Cabai rawit merah Rp 70 ribu per kg
Cabai merah keriting Rp 40 ribu per kg
Cabai merah besar Rp 50 ribu per kg
Bawang merah Rp 18 ribu per kg
Jengkol Rp 40 ribu per kg
Kentang Rp 13 ribu per kg
Bawang putih Rp 20 ribu per kg
Bawang bombay Rp 20 ribu per kg
Tomat Rp 12 ribu per kg
Jagung Rp 9 ribu per kg.

(Dny/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini