Sukses

Daftar Lengkap Stasiun Pemberhentian LRT, Rumah Anda Dilalui?

Adanya moda transportasi LRT diyakini bakal mengurangi tingkat kepadatan lalu lintas dari dan menuju Jakarta dari kota-kota satelit.

Liputan6.com, Jakarta - ‎Proyek light rail transit (LRT) atau kereta ringan bakal melewati banyak rute. Moda transportasi ini juga memiliki banyak tempat pemberhentian alias stasiun. Di mana saja?

Ada beberapa rute layanan yang rencananya bakal diakomodasi oleh moda transportasi modern ini. Proyek ini bakal dibangun dua tahap, dengan total panjang 83,6 kilometer (km). Tahap pertama meliputi rute Cibubur-Cawang, Bekasi Timur-Cawang, Cawang-Dukuh Atas dengan 18 stasiun dan panjang 42,1 km.

"Contoh stasiunnya seperti di Taman Mini, Kuningan, Cawang, dan Dukuh Atas," tutur Sekretaris Perusahaan Adhi Karya, Ki Syahgolang Permata kala berbincang dengan liputan6.com, Kamis (10/9/2015).

Sedangkan tahap kedua akan meliputi lintas pelayanan Cibubur-Bogor, Dukuh Atas-Palmerah-Senayan, dan Palmerah Grogol dengan panjang 41,5 km. Secara total, ada lebih dari 20 stasiun yang bakal jadi tempat pemberhentian kereta berkecepatan 60-80 km per jam ini.

"Stasiunnya sudah ditentukan perkiraan lokasinya. Tapi belum pasti. Tapi tetap di sekitar situ," tutur Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan JA Barata.

Barata mengatakan, adanya moda transportasi ini diyakini bakal mengurangi tingkat kepadatan lalu lintas dari dan menuju Jakarta dari kota-kota satelitnya, khususnya yang dilewati jalur ini.

"Analoginya seperti KRL (Commuter Line) sekarang ditumpangi 800.000 penumpang setiap hari. Kalau tidak ada KRL, mungkin orang akan semakin banyak naik kendaraan pribadi," katanya.

Berikut rincian stasiun yang bakal jadi pemberhentian LRT:

1. Cibubur-Cawang: Cibubur-Ciracas-Kampung Rambutan-TMII-Cawang
2. Bekasi Timur-Cawang: Bekasi Timur-Bekasi Barat-Cikunir-Jatibening-Halim-Cawang
3. Cawang-Dukuh Atas: Cawang-Cikoko-Pancoran-Smesco-Kuningan-Soemantri Brodjonegoro-Kuningan Sentral-Dukuh Atas
4. Cibubur-Bogor: Baranangsiang-Sentul-Sirkuit Sentul-Cibinong-Gunung Putri-Cibubur
5. Dukuh Atas-Palmerah-Senayan: Dukuh Atas-Palmerah-Gelora-Senayan
6. Palmerah-Grogol: Palmerah-Tomang-Grogol. 

(Zul/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini