Sukses

Intip Rahasia Sukses Bisnis Michael Jordan

Michael Jordan tak hanya sukses sebagai pemain basket tetapi juga pengusaha. Tercatat ia memiliki tujuh restoran, dan diler mobil.

Liputan6.com, Jakarta - Umumnya kita mengenal Michael Jordan sebagai pemain basket. Namun tahukah Anda, kalau Michael Jordan adalah seorang pengusaha sukses. Tercatat ia memiliki tujuh restoran, diler mobil, dan beberapa usaha lainnya. Tentunya Anda ingin mengetahui bagaimana ia bisa sukses.

Berikut ini adalah empat pelajaran yang bisa kita petik dari sang legenda bola basket NBA tersebut, dilansir dari laman Lifehack, Sabtu (12/9/2015) :


1. Berambisi untuk sukses

"Kesuksesan Michael jauh dari kebetulan," kata Andrew Walters, salah satu mantan penasihat bisnis Jordan. "Saya mengamati gaya kepemimpinannya, berpikir cepat, dan kesungguhannya untuk menjadi yang terbaik," tambah Walters.

Tujuan orang-orang sukses adalah untuk menjadi orang besar, dan melakukan langkah-langkah yang diperlukan untuk untuk mencapai hal itu. Terkait Jordan, dia memiliki bakat sesuai dengan keinginannya, itulah yang menjadi semangatnya dalam berkarir.

2. Anda harus rebound dari kegagalan

Ketika SMA, Michael Jordan pernah gagal masuk tim basket sekolah. Pelatihnya mengatakan dia tidak cukup baik untuk bergabung dengan tim basket sekolah.

"Saya gagal lebih dari 9.000 tembakan dalam karir saya," kata Jordan. "Saya pernah kalah hampir 300 pertandingan. 26 kali, saya dipercaya untuk melakukan tembakan yang menentukan kemenangan, namun saya gagal. Saya sudah gagal berulang-ulang dalam hidup saya. Dan itulah sebabnya saya berhasil," tutur Jordan.

Sebagai seorang pengusaha, Anda akan gagal. Anda mungkin akan gagal lebih dari sekali. Apakah Anda memiliki keberanian, dan keuletan untuk bangkit kembali dan berhasil?.

3. Menguasai teknik dasar

Sebagai seorang pengusaha, Anda harus menguasai teknik dasar dalam keterampilan tertentu demi kesuksesan bisnis Anda. Keterampilan tersebut tergantung industri bisnis Anda jalani. Anda harus menguasai hal itu sebelum fokus pada yang lebih kompleks.

"Anda dapat berlatih menembak delapan jam sehari, tetapi jika teknik Anda salah, maka anda akan sangat ahli dalam menembak dengan cara yang salah," Jordan mengingatkan. "Kuasai hal mendasar dan level yang Anda lakukan akan naik," kata Jordan.

4. Melindungi hak Anda

Dalam meniti tangga kesuksesan, ada saja orang mencoba untuk menjatuhkan Anda. Mereka mungkin mencap Anda sebagai orang yang tidak berperasaan atau serakah. Anda tidak bisa membiarkan orang seperti itu. Namun ada kalanya Andalah satu-satunya orang yang bisa melindungi diri Anda sendiri, jadi jangan takut untuk mengambil sikap.

Suatu ketika Jordan harus melakukannya sendiri, setelah sebuah supermarket tampa seizinnya menggunakan namanya sebagai iklan. Jordan memutuskan bahwa ia tidak diam. Dia mengajukan gugatan dan akhirnya mendapatkan ganti rugi senilai US$ 8,9 juta dolar atau sekitar Rp 127 miliar (Asumsi kurs Rp 14.334 per dolar AS)yang akhirnya ia sumbangkan pada lembaga amal di Chicago.

Michael Jordan memberikan pelajaran bagi pengusaha di mana pun bahwa sukses tidak datang dengan jalan pintas. (Ilh/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.