Sukses

NTT Jadi Proyek Percontohan Penanaman Pohon Zaitun

Menko Bidang Kemaritiman, Rizal Ramli mengatakan, penanaman pohon zaitun cocok di NTT lantaran wilayah kering

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman berencana menjadikan Nusa Tenggara Timur (NTT) sebagai wilayah percontohan untuk penanaman pohon zaitun.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli mengatakan pohon zaitun cocok ditanam di wilayah kering. Dengan menanam pohon zaitun diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan di NTT.

"Saya minta tolong untuk pilot project di NTT karena di situ kering kalau bisa ditanam dan cocok membantu kesejahteraan rakyat kita di NTT," kata dia usai bertemu dengan Dubes Italia di kantornya, Jakarta, Jumat (11/9/2015).

Dia mengatakan dalam pertemuan tersebut bertujuan mempererat hubungan kerjasama dua negara. Pohon zaitun sendiri memiliki banyak manfaat sehingga menguntungkan jika dikembangkan lebih lanjut.

"Karena Italia minyak zaitun terkenal sekali. Jadi daerah selatan Italia seperti Sicilia sebenernya daerah kering, tapi karena menanam banyak zaitun. Dan fungsinya banyak sekali bisa dibikin lalap, sayuran, buat kecantikan kemudian pohonnya besar kalau dipotong bisa bikin rumah. Jadi keluarga Italia dulu kalau miskin punya 3-4 zaitun, " jelas Rizal.

Pihaknya menuturkan hal pertemuan kali ini hanya langkah awal. Pertemuan lanjutan segera dilaksanakan untuk pembahasan teknis."Mereka akan datang lagi dalam pertemuan teknis," ungkap Rizal.

Selain itu, pertemuan kali ini juga membahas masalah kerjasama di bidang peningkatan pariwisata. "Mereka kuat di bidang pariwisata kita perlu tukar-menukar belajar pengalaman. Kemudian mereka juga kuat di bidang maritim," pungkas dia. (Amd/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini