Sukses

Kadin: Singapura Dapat Hidup Karena Ada Uang Warga RI

Orang Indonesia lebih memilih menyimpan uang di Singapura karena kondisi ekonomi lebih stabil dan aman.

Liputan6.com, Jakarta - Ekonomi Singapura yang berkembang sehingga dapat menjadi negara paling maju di kawasan Asia Tenggara dinilai tidak terlepas dari peran Indonesia.

Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin), Suryani SF Motik mengatakan bergeraknya roda ekonomi di negeri singa tersebut lantaran ada dana orang Indonesia yang disimpan di negara ini.

"Singapura bisa hidup dari uangnya orang Indonesia. Ada dana triliunan orang Indonesia di sana," ujar Suryani di kawasan Menteng, Jakarta, Sabtu (12/9/2015).

Menurut dia, alasan orang Indonesia lebih memilih menyimpan uangnya di Singapura karena kondisi ekonomi yang lebih stabil dan faktor keamanan.

"Kenapa orang Indonesia menyimpan dana di sana karena ada rasa kemananan," kata dia.

Namun pemerintah masih berpeluang untuk bisa menarik dana-dana tersebut kembali ke dalam negeri. Salah satu caranya yaitu dengan menerapkan kebijakan pengampunan pajak (tax amnesty).

"Kalau tax amnesty dilakukan uang akan balik lagi ke sini, memang harus ada yang batasi misalnya. Juga nantinya bagaimana goverment spending dan masyarakat juga harus bisa spending," kata Suryani. (Dny/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.