Sukses

Berapa Harta Ratu Elizabeth DIbanding Orang Terkaya di Inggris?

Kejayaan Sang Ratu ternyata tidak berbanding lurus dengan kekayaannya.

Liputan6.com, Jakarta - [Ratu Elizabeth II](2314455 "") telah berkuasa selama enam dekade dan menjadi salah satu perempuan berkuasa di dunia. Namun, kejayaan Sang Ratu ternyata tidak berbanding lurus dengan kekayaannya.

Menurut data Bloomberg, dilansir dari Telegraph seperti ditulis Minggu (13/09/2015), kekayaan Ratu Elizabeth justru menurun dibandingkan para miliarder di Inggris.

Jika dibandingkan dengan orang terkaya di Inggris, Gerald Grosvenor, Duke of Westminster, kekayaan Sang Ratu hanya tiga persennya. Grosvenor, konglomerat yang memiliki banyak properti di pusat kota London, punya harta sebanyak 9,4 miliar poundsterling. Sementara Ratu Elizabeth hanya 277 juta poundstreling.

Charles Cadogan, generasi kedelapan dari perusahaan properti Earl Cadogan, juga mendapat keuntungan dari kenaikan properti di London. Kekayaannya naik jadi 4,8 miliar poundsterling. Ia bahkan tidak perlu meninggalkan tanahnya ketika berjalan dari Chelsea ke Knightsbridge di Inggris.

Keluarga Kerajaan Inggris memiliki pengaruh besar pada perekonomian dan pariwisata di negaranya. Aset keluarga ini mencapai 20 miliar poundsterling, menurut data Bloomberg. Jumlah ini termasuk properti Buckingham Palace, rumah peristirahatan, mahkota kerajaan, dan koleksi barang antik.

Tapi semua aset itu bukan milik Ratu semata. Semua akan diwariskan ke generasi selanjutnya,

Nah, Sang Ratu sendiri memiliki investasi sebesar 49 juta poundsterling. Selain itu, ia punya aset dari ibunya sebesar 104,1 juta, properti pribadi seharga 71,2 juta poundsterling, koleksi perangko senilai 48,8 juta poundsterling, dan 25 ekor kuda bernilai 6,5 juta poundsterling.

Yang menarik, koleksi perangko Ratu awalnya dimulai oleh Pangeran Alfred, anak Ratu Victoria, di 1850an. Kemudian Ratu Elizabeth melanjutkan koleksi itu dan sekarang tersimpan di Istana St James. (Elsa Analet/Zul)

 

Reporter: Elsa Analet

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini