Sukses

Ingin Bekerja ke Luar Negeri? Coba 5 Cara Ini

Mencoba bekerja di luar negri merupakan cara tepat yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan jenjang karir yang dimiliki.

Liputan6.com, Jakarta - Mencoba bekerja di luar negeri merupakan cara tepat yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan jenjang karir yang dimiliki. Selain dapat mendapatkan gaji yang lebih baik, bekerja di luar negeri dapat membantu Anda untuk memperluas koneksi ke dunia internasional.

Tentu, diperlukan persiapan serta keahlian yang matang agar Anda dapat mencicipi rasanya bekerja di dunia internasional. Selain harus mengasah kemampuan Anda lebih baik, ternyata ada beberapa trik yang dapat Anda gunakan agar dapat mendapat pekerjaan di dunia internasional.

Apa saja? Seperti yang dikutip dari laman telegraph.co.uk, Selasa (22/9/2015), berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda pakai agar dapat kerja di luar negeri:

1. Perbaharui halaman professional

Satu hal yang perlu Anda ingat, halaman sosial merupakan jendela awal dimana Anda dapat mempromosikan diri Anda sebagai kandidat yang potensial. Memperbaharui halaman professional Anda di internet dengan berbagai pekerjaan yang telah Anda lakukan sebelumnya dapat menjadi contoh yang baik untuk memperlihatkan apa yang sudah Anda kerjakan selama ini.

Jangan kuatir jika Anda ingin mencoba untuk berpindah sektor haluan kerja, Anda dapat mencoba menuliskan keinginan tersebut di headline bahwa Anda sedang mencari kesempatan baru untuk bekerja di bidang tertentu. Hal ini dapat menarik perhatian dari calon perusahaan.

2. Berpikir dan bertindak secara global

Sangat penting untuk memperlihatkan bahwa Anda merupakan seorang profesional dan mengerti betul mengenai bidang yang sedang Anda jalani. Namun jangan lupa untuk tetap bertindak secara global. Hal ini dapat dilakukan dengan mencoba membicarakan mengenai pengalaman Anda dalam jaringan internasional, sehingga calon perekrut yang berada di negara yang berbeda tetap mengerti dengan apa yang sudah Anda jalani.

Satu hal yang dapat Anda lakukan adalah dengan menonjolkan proyek-proyek berskala global yang sudah pernah Anda lakukan. Anda juga dapat memberitahu pengalaman apa saja yang pernah Anda alami di internasional, sambil tetap terus menjalin koneksi di skala yang lebih besar.

3. Perusahaan multinasional

Bekerja di perusahaan multinasional dapat menjadi langkah awal bagi Anda untuk dapat masuk ke dunia internasional, jadi cobalah untuk mencari pengalaman di sini. Survei yang dilakukan oleh Linkedin juga mengungkapkan bahwa banyak pegawai professional yang bekerja diluar negri yang sebelumnya bekerja di perusahaan multinasional seperti Ernst & Young, IBM, PwC, HSBC dan Shell.

4. Mengetahui pasar

Sama halnya seperti ketika Anda wawancara kerja, riset mengenai sebuah perusahaan memang saat perlu untuk Anda lakukan. Hal ini menunjukkan bahwa Anda mengetahui bagaimana jalannya industri tersebut di luar negeri dan akan mempermudah Anda untuk meyakinkan calon perusahaan bahwa Anda merupakan individu yang mampu beradaptasi dengan cepat di lingkungan yang baru.

Bergabung dengan grup di Linkedin juga merupakan cara yang dapat Anda pakai untuk mengetahui bagaimana suasana kerja yang akan dihadapi. Jangan lupa juga untuk membaca berbagai majalah atau berita internasional tentang apa yang sedang berlangsung sekarang. Hal ini akan membantu Anda untuk memahami akan isu-isu terkini yang sedang terjadi.

5. Cermat melihat kesempatan

Untuk bekerja diluar negri bukan berarti Anda harus berganti haluan pekerjaan. Jika Anda sudah berjuang begitu keras mendapatkan posisi sekarang, namun tetap memiliki keinginan yang besar untuk dapat bekerja di lingkungan internasional, cobalah untuk mencari kesempatan mutasi internasional di tempat Anda bekerja. 

Membangun koneksi yang kuat dalam perusahaan juga dapat memberikan banyak manfaat. Sebagai langkah awal, cobalah untuk terus menjalin hubungan baik dengan rekan bisnis internasional yang Anda temui ketika bekerja. Siapa tahu koneksi yang Anda bangun tersebut dapat membantu Anda untuk membuka kesempatan karir ke arah yang lebih baik. Satu hal lagi, memiliki kemampuan berbahasa asing lebih dari satu juga akan sangat membantu Anda nantinya. (Fin/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.