Sukses

Rizal Ramli Usul Parkir Kontainer Pelabuhan Priok Rp 5 Juta/Hari

Di negara lain, tarif parkir kontainer tersebut mencapai Rp 2 juta per hari.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Rizal Ramli mengusulkan agar tarif parkir kontainer di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta naik. Rizal mengatakan, tarif parkir kontainer di Tanjung Priok naik sebesar Rp 5 juta per hari.

Rizal menyebut ini adalah salah satu solusi jitu untuk mengatasi masalah dwelling time di Pelabuhan Tanjung Priok. Dia menjelaskan, dwelling time di di pelabuhan tersebut menjadi salah satu yang paling tinggi, hingga mencapai satu pekan. Padahal di negara lain seperti Singapura, dwelling time hanya satu hari.

"Kenapa di Indonesia bisa 7 hari, Malaysia dan Singapura hanya 1 hari?" tanyanya di Gedung Lembaga Ilmu Pengetahuan (LIPI), Jakarta, Selasa (15/9/2015).

Menurut Rizal, tingginya tingkat dwelling time di Indonesia lantaran pengelola pelabuhan menetapkan tarif yang murah untuk kontainer yang parkir. Padahal di negara lain, tarif parkir kontainer tersebut mencapai Rp 2 juta per hari.

"Terus tarif sewa di Tanjung Priok untuk kontainer itu cuma Rp 75 ribu padahal di negara lain Rp 1 juta-Rp 2 juta," kata dia.

Agar para pengusaha dan importir ini tidak lagi menyimpan kontainernya dalam jangka waktu yang lama di pelabuhan, dirinya mengusulkan tarif parkir kontainer dinaikan menjadi Rp 5 juta per hari.

"Nah kita sekarang bikin kontainer parkir sewa 1 hari dan 2 hari gratis. Berikutnya 5 juta. Sederhana," tandasnya. (Dny/Zul)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini