Sukses

JK Dukung Rizal Ramli Aktifkan Kereta Api di Tanjung Priok

‎Menko Maritim dan Sumber Daya Mineral Rizal Ramli ingin kereta api barang kembali masuk ke Pelabuhan Tanjung Priok.

Liputan6.com, Jakarta - ‎Menteri Koordinator Kemaritiman dan Sumber Daya Mineral Rizal Ramli ingin kereta api barang masuk kembali ke Pelabuhan Tanjung Priok. Wakil Presiden Jusuf Kalla mendukung niat Rizal.

"‎Kondisinya itu berbeda zaman dulu dengan sekarang. Tidak bisa disamakan. Tapi, dibutuhkan (kereta barang masuk pelabuhan)," kata JK, di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (15/9/2015).

Meski demikian, JK belum mendapat laporan detail terkait kerjasama Kementerian Koordinator Kemaritiman, Kementerian Perhubungan,‎ dan Pelindo II untuk membuka kembali akses pada pelabuhan.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Rizal Ramli geram melihat jalur kereta di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, ditutup dengan cor beton oleh operator Pelabuhan PT Pelindo II (Persero).

Rizal mengatakan, penutupan jalur kereta tersebut merupakan contoh ketidakefisienan. Pasalnya, jika jalur kereta yang dibangun sejak zaman Belanda tersebut aktif bisa membantu keluar masuk barang di pelabuhan.

"Ini adalah contoh ketidakefisienan sejak zaman Belanda, kereta ini, rel ini untuk kereta api barang masuk sampai pelabuhan," kata Rizal, di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Kamis (10/9/2015).

Melihat hal tersebut Rizal geram, ia pun menyayangkan rel kereta tersebut sudah tidak aktif, karena sengaja ditutup oleh Pelindo II selaku operator untuk kepentingan jalan dan terminal penyimpanan.

"Tapi Pelindo dengan sengaja menutup semua sampai ke dalam sehingga kereta tidak bisa masuk ke dalam," ungkapnya.

Rizal menuturkan, kedatangannya untuk membenahi tata kelola pelabuhan yang disinyalir sebagai sumber masalah lamanya dwelling time.‎ (Silvanus/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini