Sukses

Beli Kambing Kurban di Bukalapak, Dapat Hadiah Rp 300 Ribu

Hewan kurban akan disalurkan ke warga masyarakat di lokasi terpinggirkan, daerah rawan bencana kemanusiaan dan kamp pengungsian.

Liputan6.com, Jakarta - Menyambut Hari Raya Idul Adha 1436 H, yang akan dirayakan pada tanggal 24 September 2015 mendatang, Bukalapak.com bekerjasama dengan Global Qurban-Aksi Cepat Tanggap (ACT) menyediakan jasa pembelian hewan kurban secara online.

Pemotongan dan pendistribusian hewan kurban akan dilakukan oleh ACT untuk warga masyarakat di lokasi terpinggirkan, daerah rawan bencana kemanusiaan dan kamp pengungsian baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Achmad Zaky, CEO dan Co-Founder Bukalapak.com menyampaikan, kerjasama dengan Global Qurban-ACT dalam penyediaan hewan kurban secara online ini untuk mempermudah masyarakat yang ingin berkurban di Hari Raya Idul Adha 1436 H yang sangat mulia ini.

Bukalapak.com menyediakan lima jenis pilihan hewan kurban yang dapat dipilih oleh pekurban, yaitu kambing dengan harga Rp 1,8 juta, Kambing Gaza dengan harga 4 juta, sapi dengan harga Rp 12,6 juta, sapi Gaza dengan harga Rp 29,75 juta dan unta dengan harga Rp 24,75 juta.

Khusus untuk Kambing Gaza dan Sapi Gaza, hewan akan dibeli, dipotong dan didistribusikan di wilayah Gaza, Palestina.

Bukalapak.com bekerjasama dengan Global Qurban - Aksi Cepat Tanggap (ACT) menyediakan jasa pembelian hewan kurban secara online.

“Khusus pada tanggal 16 sampai dengan 23 September 2015 ini, Bukalapak memberikan hadiah sebesar Rp 300.000,- untuk pembelian kambing kurban, sehingga masyarakat cukup membayar Rp 1.500.000,- saja sudah bisa membeli kambing kurban,” jelas Zaky di Jakarta, Rabu (16/9/2015).

Program subsidi ini merupakan layanan dari Bukalapak yang ingin mengajak dan memfasilitasi bagi sebanyak-banyaknya masyarakat muslim untuk menunaikan ibadah kurban, yang disalurkan melalui Global Qurban-ACT, lembaga yang sudah berpengalaman mengelola kurban.

Dia memastikan program ini dikelola secara professional, amanah, serta transparan agar masyarakat tidak perlu repot-repot lagi dalam membeli dan menyalurkan hewan kurban kepada yang membutuhkan.

"Program ini sangat mudah dan murah karena masyarakat tinggal melakukan transaksi pembelian hewan kurban secara online. Harga yang diberikan sudah termasuk biaya operasional, seperti sosialisasi, penyediaan hewan, pemotongan, distribusi, dokumentasi dan pelaporan,” jelasnya.

Zaky menambahkan, sesuai dengan misi Bukalapak untuk meningkatkan kualitas UKM di Indonesia, Bukalapak menggandeng Global Qurban-ACT yang memiliki jangkauan langsung ke tingkat peternak di wilayah-wilayah distribusinya baik di Indonesia maupun luar negeri.

Sehingga bisa menyediakan hewan kurban dengan harga murah dan berkualitas tinggi serta memberdayakan sekaligus memberi manfaat ekonomi bagi para peternak dan warga sekitar peternak yang terlibat dalam program Lumbung Ternak Masyarakat Global Qurban-ACT.

Rini Maryani, Penanggungjawab Global Qurban-ACT Tahun 2015 menjelaskan bahwa program ini mempertemukan uluran tangan kaum muslim dalam bentuk ibadah kurban dengan mereka yang sangat membutuhkan.

“Global Qurban siap mengantar amanah kurban ke lokasi-lokasi dimana ada bencana kemanusiaan, kaum marjinal serta rawan pangan di penjuru dunia. Program ini dikelola secara professional, amanah, transparan serta memberdayakan masyarakat,” kata Rini.

Global Qurban-ACT siap mendistribusikan amanah para pekurban ke 30 provinsi di Indonesia, Palestina (Gaza), Suriah, Lebanon (pengungsi Suriah), Somalia, Myanmar, Timor Leste, Kamboja, Laos, Vietnam, Filipina, Kenya (pengungsi Somalia), Nepal, Sudan, Mongolia, Kamerun (pengungsi Afrika Tengah), Vanuatu, Kyrgistan, Kazakstan, Tajikistan, dan Bosnia.

“Sebagai bentuk transparansi, pekurban akan mendapatkan Sertifikat Pembelian Qurban sebagai bukti bahwa telah terdaftar sebagai pekurban 2015 di Global Qurban. Selain itu pekurban juga akan menerima laporan dari Global Qurban berupa Laporan Pemotongan dan Distribusi melalui sms, yang akan disampaikan sesaat setelah hewan kurban dipotong dan didistribusikan,” papar Rini.

Bukalapak.com bekerjasama dengan Global Qurban - Aksi Cepat Tanggap (ACT) menyediakan jasa pembelian hewan kurban secara online.

Sedangkan laporan lengkap melalui email atau hard-copy berupa foto hewan kurban sebelum dipotong (hewan hidup), setelah dipotong dan foto distribusi dagingnya dilengkapi profil wilayah dimana kurban didistribusikan, disampaikan paling lama sebulan setelah hari tasyrik.

“Hewan kurban akan dipotong dan didistribusikan pada Hari Raya Idul Adha atau hari tasyrik 1436 H/2015. Global Qurban berwenang untuk menentukan wilayah prioritas distribusi, baik di dalam maupun di luar negeri,” imbuh Rini.

Kehadiran program kurban di Bukalapak.com sendiri merupakan salah satu bentuk inovasi untuk memberi kemudahan dan kepercayaan bagi konsumen Bukalapak.com  dalam berkurban dengan cara yang lebih mudah dan aman, sekaligus untuk mensosialisasikan transaksi jual beli online.

“Dengan program kurban ini kami ingin masyarakat semakin dapat merasakan kemudahan dan menumbuhkan kepercayaan saat berbelanja online, termasuk untuk membeli hewan kurban” pungkas Zaky. (Nrm/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.