Sukses

Orang Kaya di Negara Ini Lebih Panjang Umur dari yang Miskin

Orang yang lebih kaya punya tingkat harapan hidup hingga umur sekitar 83 tahun. Berapa umur orang miskin?

Liputan6.com, London - Sebuah studi menyebutkan, orang-orang kaya di Inggris bisa hidup 8 tahun lebih lama dibanding orang miskin di negara tersebut. Benarkah?

Dikutip dari AOL, Kamis (17/9/2015), 20 persen orang kaya berjenis kelamin pria di Inggris bagian timur, rata-rata hidup lebih dari 83 tahun. Gambaran tersebut di atas harapan hidup 20 persen orang kaya di utara inggris yang hanya sampai 75 tahun.

Perbedaan dari tingkat harapan hidup tersebut juga direfleksikan pada riset terhadap wanita. Wanita yang lebih kaya punya tingkat harapan hidup hingga umur sekitar 86 tahun, sementara yang lebih miskin hanya hidup hingga rata-rata 79,5 tahun.

Perbedaan ini juga terlihat di area berbeda di kota yang sama. Laporan pada April ini menyebutkan, mereka yang hidup di Kensington Area, di London bisa hidup lebih lama 5 hingga 6 tahun dibanding mereka yang tinggal di Tower hamlets misalnya.

Meski laporan ini terdengar mengejutkan, namun perbedaan dari tingkat harapan hidup antara pria dan wanita ini selalu menjadi isu. Perbedaan tersebut sudah menipis beberapa tahun ini, hingga studi menyebut, di tahun 2030, perbedaan umur berdasarkan jenis kelamin hanya 1,9 tahun

Menurut statistik World Health Organization (WHO) di 2013, area termasuk Amerika Utara, lalu beberapa bagian di Eropa dan Australia punya tingkat harapan hidup masyarakatnya antara 80 sampai 87 tahun, sementara area di Afrika tingkat harapan hidupnya di umur 50 tahun. (Zul/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.