Sukses

Pasokan Hewan Kurban Aman Saat Idul Adha

Saat ini pasokan sapi mencapai 270 ribu ekor, dan yang akan dijadikan hewan kurban sekitar 170 ribu ekor.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perdagangan (Kemendag) menyatakan stok sapi dan kambing mencukupi untuk dijadikan hewan kurban saat Idul Adha.

Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag) Srie Agustina mengatakan saat ini di Jakarta, Bogor, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) ada 270 ribu ekor sapi lokal. Jumlah yang akan dijadikan hewan kurban hanya 170 ribu, sehingga  masih ada stok sapi 100 ribu.

"Jadi akan ada stok sekitar 100 ribu ekor kan datengnya dari Nusa Tenggara, Jawa Tengah, kemudian Jawa Timur untuk masuk ke Jabodetabek," kata Srie, di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Jumat (18/9/2015).

Ia menambahkan, untuk kambing terdapat 800 ribu ekor, dan 500 ribu ekornya akan dijadikan hewan kurban, sehingga ada stok 300 ribu ekor kambing.

"Lalu kambing itu stok yang ada untuk menjelang Idul Adha itu sekitar 800 ribu ekor," tutur Srie.

Dari jumlah tersebut Srie menegaskan, kebutuhan hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha akan tercukupi, bahkan harga daging saat perayaan hari besar tersebut tidak bergejolak."Jadi artinya cukup sampai hari Idul Adha, jadi harga akan stabil," kata Srie. (Pew/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.