Sukses

Bulog Mulai Kaji Bangun Ruang Penyimpanan Raksasa

Bulog akan menggunakan dana internal untuk membangun cold storage atau ruang penyimpanan yang digunakan penyimpanan hasil produksi.

Liputan6.com, Jakarta - Saat melakukan kunjungan kerja ke Timur Tengah, Presiden Joko Widodo (Jokowi) kagum dengan luas cold storage atau ruang penyimpanan di Dubai. Luas tempat itu tiga kali lebih besar dari lapangan sepakbola.

Kepala Badan Urusan Logistik (Bulog) Djarot Kusumaytik mengatakan pihaknya sudah mulai melakukan kajian untuk membangun cold storage raksasa seperti di Dubai.

"‎Saat ini sudah mulai kajian-kajian kan tentu antara Dubai dan Indonesia berbeda ya. Saya harus buat kajian supaya proyek ini betul-betul punya manfaat," kata Djarot, di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Jumat (18/9/2015).

Djarot menuturkan, ‎pihaknya mengkaji kapasitas, areal, masalah sumber produksi, masalah pergerakan barang, jarak, dan lain-lain. Nantinya cold storage itu diharapkan mampu menampung daging, ayam, ikan, dan hortikultura. Dengan ada cold storage raksasa itu, maka pekerjaan para petani lebih ringan.

Mereka bisa lebih fokus pada peningkatan produksi, tidak perlu memikirkan akan disimpan di mana hasil panennya."Saya sangat berharap tahun depan mulai bergerak.‎ Dibangun pertama di Jakarta, karena penduduk terbesar di jakarta untuk sebuah kota. sehingga kalau Jakarta diamankan mungkin lebih smooth di tempat lain," terang dia.

Anggaran pembangunan cold storage ini akan memakai dana dari Bulog sendiri, dengan menggunakan penyertaan modal negara (PMN). Belum diketahui seberapa besar dana yang akan dikeluarkan. (Silvanus A/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.