Sukses

Tak Kunjung Hujan, Bulog Bakal Repot Serap Hasil Panen

Kepala Bulog Djarot Kusumayakti mengatakan saat ini di gudang Bulog tersimpan sekitar 1,7 juta ton beras.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Badan Urusan Logistik (Bulog) Djarot Kusumayakti berharap musim hujan cepat datang. Bila hujan tidak turun, maka jadwal panen akan mundur dan akan membuat kerepotan di lembaganya untuk melakukan penyerapan.

"‎Harapan kita cuma satu yaitu semoga segera datang hujan supaya panen ini tidak mundur. Karena kemunduran panen mengakibatkan kerepotan kita untuk penyerapan stok di akhir tahun ini," kata Djarot, di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Jumat (18/9/2015).

Untuk stok beras saat ini, lanjut Djarot, masih dalam keadaan aman hingga akhir tahun. Di Gudang Bulog tersimpan sekitar 1,7 juta ton beras. Meski masih dalam kondisi aman, dia tetap berharap cepat turun. Dengan demikian, pada September ini dan Oktober mendatang, para petani bisa mulai menggarap lahan sawahnya.

"‎Kalau September-Oktober sudah bisa tanam berarti Januari dan Februari sudah bisa panen berarti kan meringankan. Tapi kalau sampai hujan mundur tentu agak berat ya," tutur dia.

Wakil Presiden Jusuf Kalla pun memberikan arahan agar Bulog bisa mengatasi masalah-masalah pangan. ‎Terlebih, dalam waktu dekat umat Islam akan merayakan Hari Idul Adha pada 24 September mendatang.

"‎Ya arahannya tetap kita harus sepenuhnya bisa hadir kalau ada problem misalnya problem pangan. Beliau hanya pesan Bulog agar hadir mewakili pemerintah di setiap kondisi. Ini menjelang Idul Adha, semua persiapan-persiapan," ujar Djarot. (Silvanus A/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini