Sukses

Ini Cara Bangkit dari Kegagalan

Jika kesuksesan telah datang kecenderungan berpuas diri dapat hinggap dengan mudah.

Liputan6.com, Jakarta - Kemajuan dan kemunduran sebuah usaha adalah hal biasa. Masalahnya, jika kemunduran tersebut datang tak terduga, yang mana hal tersebut dapat menjatuhkan kepercayaan diri Anda.

Jika seseorang terbiasa dengan kesukesan, sekalinya gagal rasanya bagaikan tersambar petir di siang bolong. Namun, jika kesuksesan telah datang kecenderungan berpuas diri dapat hinggap dengan mudah.

Di sisi lain, kegagalan baru saja menampar muka Anda. Berikut ini adalah empat tips bangkit dari kegagalan dan membangun kembali rasa percaya diri Anda dilansir dari Entrepreneur, Sabtu (19/9/2015):

1. Visualisasi

Saat Anda kesulitan memvisualisasi sesuatu, termasuk membayangkan orang yang dicintai, mungkin Anda menderita Aphantasia. 

Metode visualisasi cukup ampuh dalam menuai kesuksesan. Itulah alasannya mengapa banyak mahasiswa perguruan tinggi, dan atlet profesional memiliki pelatih mental yang memberikan materi visualisasi. Dengan membayangkan secara detail apa yang ideal bagi Anda, seperti penampilan, bau dan rasanya. Secara teknis memang belum terjadi, tapi otak telah percaya Anda meraih hal tersebut.


2. Afirmasi

Kapan waktu yang tepat untuk mensugesti diri sendiri agar lebih postif? 

Afirmasi selain meningkatkan kepercayaan diri, juga mengingatkan Anda dengan apa yang seharunya Anda lakukan, bertindak sebagai peredam menghadapi tantangan masa kini. Kunci sukses menggunakan afirmasi adalah seperti berbicara pada diri sendiri, seperti "Saya pasti bisa".

 

3. Mulai dari yang kecil

 Poster Motivasi yang Mungkin Memotivasi Kamu | via: 9gag.com

Menciptakan kemenangan kecil sepanjang hari memungkinkan kita mengalami sensasi menang. Sensasi tersebut menciptakan kesenangan dengan tingkat kepuasan kita akan terus meningkat.

Ketika Anda meriah kemenangan, terlepas besar atau kecilnya - tubuh Anda akan melepaskan kadar testosteron dan dopamin yang menciptakan "kecanduan" untuk lebih sukses. Kadar testosteron yang lebih besar meningkatkan keinginan Anda untuk lebih,namun juga meningkatkan risiko toleransi Anda. Dopamin membantu Anda merasa senang melakukannya.

 

4. Bahasa tubuh

Ternyata salah satu kunci sukses adalah percaya diri. 
 

Psikolog sosial Amy Cuddy mengatakan, kita dapat mengubah perasaan tetapi juga persepsi orang lain melihat kita dengan cara mengubah bahasa tubuh kita. Gestur badan yang mencerminkan kesuksesan, akan membuat merasa sukses dan menjadi lebih percaya diri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.