Sukses

3 Cara Bangkit dari Keterpurukan Karir

Kemunduran karir bisa menghancurkan hidup seseorang. Tidak peduli apa pun jabatannya.

Liputan6.com, Jakarta - Di pasar kerja yang semakin kompetitif sekarang ini, kamu tentulah harus semakin jeli untuk melihat keadaan sekitar. Berita tentang PHK besar-besaran semakin sering kita didengar namun berita tentang perekrutan dari perusahaan besar sangat jarang kita terima.

Mungkin di kalangan kita ada yang mengalami PHK atau susah mencari pekerjaan, atau malahan kamu yang mengalami kemunduran dalam berkarir. Apa pun situasi yang sedang kamu alami sekarang, jangan khawatir, tips dari JobsDB ini mungkin bisa membantumu untuk back on track.
 
Kemunduran karir bisa menghancurkan hidup seseorang. Tidak peduli apa pun jabatannya. Dari pegawai baru atau pun seorang CEO, tidak ada yang bisa merasa biasa saja ketika mengalami kemunduran karir. Namun ingatlah, kemunduran karir bukan berarti akhir dari hidupmu.

Berikut tiga cara bangkit dari keterpurukan karir:

1. Reka Ulang

Dipecat, tidak lolos saat promosi atau pembubaran tim karena alasan penghematan anggaran kantor memang bagaikan petir di siang bolong. Merupakan hal yang wajar bila kamu merasa kecewa saat menghadapi situasi tersebut tapi pahamilah bahwa keadaan buruk bukan merupakan hal yang permanen.

Pahami apa yang terjadi dan reka ulang kejadian tersebut, sangat dianjurkan untuk kamu menceritakan apa yang terjadi kepada orang yang kamu percayai.

Ceritakan hal yang jujur dan apa yang kamu rasakan sehingga dapat temanmu dapat mengerti keadaan yang sebenarnya. Bisa saja ada hal yang terlupakan olehmu mengenai mengapa hal tersebut bisa terjadi.

Menurut seorang konsultan karir dari Inggris bernama David Randall, saat kamu menghadapi stres jangan langsung terburu-buru mengambil keputusan. Evaluasi kembali kejadian buruk tersebut dan pahami apa yang sekiranya menjadi kekuatan dan kelemahanmu. Setelah itu kami bisa melihat kesempatan baru dan memikirkan ulang kariermu.

Pergi berlibur dan menjauh dari rutinitas juga bisa kamu lakukan sembari mengatur ulang apa rencanamu selanjutnya. Biarkan segala keraguan dan masalahmu hilang sehingga kamu bisa fokus kepada dirimu saja.

Jangan khawatir, kamu sedang tidak diburu deadline untuk mencapai target. Manfaatkan waktumu untuk mengembalikan semangat dan memikirkan karir masa depan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bangkit Lagi, Semangat Lagi


2. Bangkit Lagi, Semangat Lagi

Banyak jalan menuju Roma. Jika jalan pertama gagal, masih ada jalan kedua, ketiga bahkan keempat yang membawamu menuju Roma. Setelah menganalisa apa keinginan dan apa kebutuhanmu, ini saatnya untuk kamu bersemangat lagi.

Contohnya, saat kamu gagal dipromosikan, tetap tunjukkan kepada bos semangat kerjamu, bahkan kalau bisa kerjalah dengan lebih semangat dan lebih baik lagi.

Tunjukkan bahwa kamu tidak merasa sakit hati dan kecewa atas kegagalan promosi jabatan dan kamu siap kembali bekerja serta mengembangkan kemampuanmu. Jangan lupa juga ambil pelajaran dari kegagalanmu, sehingga suatu saat kamu takkan mengulangi untuk kedua kalinya.

Bila kamu berencana untuk berganti karir, pelajari sebanyak mungkin sebelum melamar pekerjaan. Kamu bisa mengambil pelatihan atau mencari mentor handal sesuai dengan bidang yang kamu mau.

Atau kamu mempunyai rencana untuk menjadi seorang pengusaha? Pelajari sebanyak mungkin yang sekiranya bisa membantumu di dunia yang sangat baru tersebut.

3. Jangan Pernah Berhenti Belajar

Brad Klontz yang merupakan seorang professor perencara keuangan di Universitas Negeri Kansas menyarankan kepada mereka yang mengalami kemunduran karir untuk menjadikan pengalaman tersebut sebagai kesempatan untuk berkembang menuju karir yang lebih baik.

Mulailah dengan menganalisa apa yang salah dan gunakan hal tersebut untuk memotivasi pengembangan diri. Klontz juga menyarankan untuk mengikuti pelatihan ataupun kembali ke kelas. B

anyak universitas ataupun lembaga pendidikan menyediakan kursus atau pelatihan singkat untuk para profesional yang ingin mempelajari ilmu baru dan mengembangkan kemampuannya untuk karir masa depan.

Khawatir tidak mempunyai waktu untuk mengikuti kursus tersebut? Tenang saja, saat ini sudah tersedia banyak kursus online yang bisa kamu ikuti tanpa harus meninggalkan kantor atau rumah.

Mendaftar ke salah satu lembaga pendidikan tidak akan membuatmu rugi. Kamu tidak hanya mendapat pelajaran baru, namun juga bosmu di kantor akan melihat bahwa kamu sangat berniat untuk mengembangkan kemampuan.

Dengan begitu, mungkin saja kamu bisa mendapatkan promosi jabatan kembali dan impian naik gaji pun sudah di depan mata.

 Kejutan merupakan bagian dari perjalanan karir setiap orang. Ia merupakan bumbu yang menambah semangat untuk menjalani kehidupan. Memang kemunduran karier bukan merupakan kejutan yang kamu tunggu, namun hal tersebut dapat kamu jadikan semangat untuk mengembangkan diri menjadi lebih baik.

Jadi sisingkan lengan bajumu kembali dan bersiaplah menghadapi tantangan menarik di depan!‎

(Yas/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini