Sukses

5 Keuntungan Punya Karyawan Berusia di Atas 50 Tahun

Lupakan sejenak mitos soal pekerja tua di atas 50 tahun yang sudah ketinggalan zaman dan mahal.

Liputan6.com, New York - Lupakan sejenak mitos soal pekerja tua di atas 50 tahun yang sudah ketinggalan zaman dan mahal. Menurut sebuah survey, yang terjadi justru sebaliknya. Para pekerja ini setia, kompeten, dan bahkan sangat membantu kinerja perusahaan.

"Ini semua tentang pengalaman," kata Patricia Hochkins, seorang pensiunan yang tinggal di Ellenton, Florida, seperti ditulis US News, Senin (21/9/2015).

Hochkins bekerja selama puluhan tahun sebagai konsultan sistem manufaktur dan mengawasi pelaksanaan perangkan lunak. Ia terpaksa berhenti bekerja karena masalah kesehatan. Tapi kalau ia sehat sudah pasti akan terus bekerja.

Berikut lima alasan mengapa perusahaan perlu mempekerjakan karyawan berusia di atas 50 tahun:

1. Punya banyak pengalaman

Pengalaman dan ketrampilan menjadi faktor utama keunggulan para pekerja tua. Pengusaha mungkin khawatir mereka tidak bisa mengikuti perkembangan teknologi, tapi ketrampilan bisa diajarkan.

Di sisi lain, tidak ada pelatihan yang bisa memberikan pekerja muda kebijaksanaan yang diperoleh dari menghabiskan waktu 20-30 tahun bekerja.

2. Pekerja tua lebih memiliki kepercayaan diri

Faktor ini juga menjadi keunggulan pekerja tua karena pengalaman mereka lebih banyak. Hochkins mengatakan, perusahaan mempekerjakan dia di usia 52 tahun karena beberapa kali gagal memiliki pekerja muda yang mahir.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Layanan handal


3. Pekerja tua memberikan layanan yang handal

Blake Nations, CEO Over50JobBoard.com, mengatakan, ada perusahaan yang bersikeras mencari pekerja tua untuk posisi layanan pelanggan. "Mereka matang dalam pengambilan keputusan dibandingkan pekerja muda," katanya.

4. Mereka lebih setia

Pekerja tua lebih mencintai pekerjaan mereka daripada yang lebih muda. Sebuah studi di 2013 oleh The Associated Press-NORC Center for Public Affairs Research menemukan, 9 dari 10 pekerja tua lebih puas dengan pekerjaannya.

Sementara menurut survey di Conference Board Job Satisfaction 2014, hanya 3 dari 10 pekerja muda mengatakan hal serupa.

Terlebih lagi pekerja muda lebih sulit membagi waktu antara pekerjaan dan keluarga. Komitmen mereka menyelesaikan proyek besar terkadang terganjal dengan masalah keluarga. Pekerja di usia 50 ke atas tidak perlu lagi khawatir dengan hal itu. Anak-anak mereka telah tumbuh, sehingga ia bisa fokus dengan pekerjaan.

5. Mereka lebih menghemat uang


Pekerja tua memang meningkatkan biaya bagi perusahaan. Yang paling nyata adalah asuransi kesehatan.

Namun, semua itu bisa tertutupi dengan pengalaman dan ketrampilan berpikir kritis pekerja tua. Hochkins mencatat, ia menyelamatkan sebuah perusahaan sebesar US$ 5 juta dalam hal biaya persediaan.

Kemampuan ini belum tentu bisa diperoleh dari pekerja yang kurang berpengalaman. Selain itu pekerja tua bisa menjadi guru dan mentor bagi yang muda sehingga perusahaan menghemat biaya pelatihan. (Elsa/Ndw)

Reporter: Elsa Analet

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini